Tools dan Gadget Bagi Peturing dan Adventurer

BikersBerpetualang tidak hanya mengandalkan nyali dan mental saja. Anda tidak bisa berpetualang hanya dengan bermodalkan dengkul saja. Anda harus mempersiapkan diri dan bisa membuat perhitungan yang cermat dan tepat, selain juga mempertimbangkan faktor keamanan dan  kesenangan. Tanpa perhitungan yang tepat, Anda tidak akan bisa mendapatkan efek petualangan yang Anda cari secara maksimal.

Nah, apa saja kira-kira peralatan wajib para adventurers?

Alat komunikasi

ImageWalaupun mungkin tujuan utama Anda adalah untuk bebas berpetualang sendiri tanpa gangguan, namun alat komunikasi penting untuk dibawa. Sekedar berjaga-jaga agar Anda bisa berhubungan dengan orang terdekat dan memberi tahu keadaan in case ada kejadian yang tidak diinginkan.

Jangan bawa smartphone atau pad dan tab jika aktivitas petualangan Anda ekstrim dan jauh dari pusat kota. Bawalah handphone khusus yang tahan air, kuat sinyal dan baterenya, bahkan mungkin ketika di hutan sekalipun. Contoh handphone yang memenuhi kriteria tersebut adalah Motorola Defy, Sonim XP3300 Force, Samsung B2100, dan Takuma B600.

Swiss ArmyPisau

Sejak jamannya film MacGyver, pisau Swiss Army telah menjadi salah satu alat wajib yang tidak kenal batas ruang. Satu pisau dengan sejuta fungsi yang bisa Anda dapatkan sekaligus. Sebetulnya tidak perlu Swiss Army bro, lebih kepada penggunaan satu alat yang bisa multi-fungsi. Tujuannya adalah untuk membuat barang bawaan Anda jadi sedikit, karena praktis dan juga sangat fungsional.

Kamera

Apa gunanya melakukan perjalanan jika tidak meng-capture memori tentang perjalanan Anda beserta tempat-tempat yang Anda kunjungi? Bawalah kamera kemanapun Anda pergi bertualang. Tidak harus kamera DSLR, kamera pocket digital juga cukup agar Anda tidak terlalu repot dengan bawaan.

Penunjuk ArahImage

Ya, jangan sampai Anda membuat diri sendiri tersesat bro. Bawalah selalu alat penunjuk arah, entah itu GPS, kompas, ataupun peta. Jangan biarkan diri Anda tersesat, apalagi saat dimana tidak ada orang di sekitar yang dapat membantu Anda. Pelajari juga sedikit ilmu topografi dan juga geografi yang bisa menunjukkan bahwa setidaknya, jika tersesat, Anda bisa mencari jalan sendiri menuju pemukiman terdekat dan mencari bantuan untuk bisa kembali pulang.

Jika Anda sudah mempunyai semua peralatan wajib diatas, maka Anda sudah siap untuk menjelajah dunia layaknya seorang petualang sejati bro.

Have fun and stay safe out there! Sumber : Updaterus.com

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s