PEMBALAP JEPANG TERJUN DI INDOPRIX 2013

Image
Keisuka Maeda #35

Gelaran IndoPrix 2013 dengan nama KYT IndoPrix makin Go Internasional dengan hadirnya 2 pembalap asal Matahari Terbit – Jepang Keisuka Maeda 15 tahun yang bergabung dengan TJM Racing dan Yoshiharu Okada  yang masuk line up Suzuki Racing Team (SRT).  Kedua pembalap beda generasi ini sama-sama ber basic motor sport 250cc dan 600cc. IndoPrix mendapat pengakuan dari Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) Asia sebagai ajang balap motor bebek tingkat internasional. Ajang ini menjadi kiblat balap motor bebek Asia karena banyak pebalap Indonesia menjuarai balap level Asia.

Maeda sendiri merupakan bocah belasan tahun yang menjadi proyeksi utama dari Tim Injeksi Jepang. Pada tahun ini Maeda dimentori oleh Hadi Wijaya dalam sesi latihan dan sesi balap. Terlihat mereka berdua sering asik berdiskusi di paddock team.

Image
Maeda dan Hadi Wijaya

Yoshiharu Okada dicomot dari Jepang untuk bisa menjadi pembalap terbaik di Indoprix yang akan dilakoninya di Indonesia bersama Suzuki Top1 Racing Team. Pembalap senior ini telah dianggap memiliki jam terbang yang mumpuni, salah satunya mengikuti kejuaraan All Japan Championship di kelas 250 cc.

IndoPrix dibagi dalam dua kategori, kelas 110cc dan 125cc. Para pebalap akan bersaing dalam enam seri yang akan digelar di Sentul-Bogor, Kenjeran-Surabaya, dan Binuang-Kalimantan Selatan. Selain mendapat hadiah Rp 100 juta untuk juara pertama, pemenang ajang ini juga berkesempatan mengikuti ajang yang lebih tinggi di tingkat Asia.

Indonesia menjadi barometer balapa motor kelas bebek untuk wilayah asia, sudah banyak menelurkan pembalap muda berbakat yang akhirnya go international ke jengjang moto2 seperti Rafid Topan dan Doni Tata.

Image
Hadi dan Meada

Maeda begitu cepat beradaptasi dengan iklim dan sirkuit di Indonesia, di Sirkuit Sentul kecil ini Maeda mampu menuntaskan sesi latihan resmi (QTT) dengan catatan waktu yang bagus 57-58 detik sejajar dengan pembalap senior Indonesia yang telah lama malang melintang dikejuaraan IP. Saya ngajarin juga ngga malu maluin papar Hadi Wijaya disela-sela akhir balap”.

Walau sedikit kecewa dengan hasil akhir yang diperoleh Maeda karena beberapa seri finish di urutan paling bontot tapi ini baru awal dan masih belajar, masih panjang waktunya dan kesempatan mengingat umurnya baru 15 tahun dan akan memiliki masa depan yang cerah, lajut Hadi dengan mimik wajah optimis.

Baik Keisuke maupun Yoshiharu tampil di Kelas IP 125 dan Yoshiharu juga mengikuti Kelas IP 110. Tampil cukup baik, ternyata pembalap Jepang ini masih berada dibelakang barisan pembalap Indonesia. Hal ini sangat membanggakan Indonesia.

Pada race 2 Kelas IP 125 terlihat Keisuke Maeda menjadi pembalap paling akhir dengan menyelesaikan balap dengan waktu 25 menit 14,908 detik. Sementara Yoshiharu Okada harus berbesar hati karena mengalami kecelakaan pada tikungan ke tujuh Sirkuit Gokart Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Image
Yoshiharu Okada  #102

Sementara itu di Kelas IP 110, Yoshiharu Okada pada Race pertama berhasil finish di urutan 13 dari 22 pembalap yang melalui garis finish dengan catatan total waktu 25 menit 12,420 detik. Sementara pada race kedua, Yoshiharu dipaksa mundur ke-urutan 18 dengan catatan waktu 25 menit 20,246 detik. (Rdx13)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s