PETUALANGAN MELINTAS 7 DANAU OLEH REZA AMRULLAH NUSANTARIDE

Image
Pak Ija dengan TVS Apache RTR 180

Dengan konsep adventure berpetualang dengan Motor, dikomandoi oleh Reza Amrullah atau yang lebih akrab dipanggil Pak Ija. Munculah Sap7aranu (baca : Saptaranu) yang akan berpetualang dengan mengunjungi Danau yang berada diwilayah pulau Sumatera, Mulai dari Lampung hingga Aceh dan berakhir di Pulau We, total Danau ada 7, makanya dinamakan Sapta yang berarti 7 dan ranu atau ranau adalah Danau.

Eksplorasi alam danau Indonesia dilakukan oleh 4 orang dan 4 motor. Reza Amrullah adalah pencetusnya. Berawal dari perjalanannya di kawasan Danau Ranau, Sumatera Barat, yang punya kisah di balik kemegahannya, akhirnya terpikir kalau danau lain di nusantara pasti menyimpan banyak sejarah pula.

Image
Sinnob Engineer dan TVS

Petualangan Adventure ini akan menggunakan Motor TVS RTR 180 tipe terbaru dari TVS Apache dengan custom Gir dari SINNOB Gear. Rasio gir yang akan dipakai adalah rasio : 14:48, rasio ini keluar dari pakemnya motor TVS Apache dengan tujuan agar torsi bawah menjadi enteng karena bobot motor akan bertambah dengan adanya Panier di kiri dan kanan dan perlengkapan lainnya seperti tenda dan tankbag.

“Saptaranu dimulai sejak saya survey ke Danau Ranau untuk gelaran acara ‘Gathering Nusantaride’. Saat itu saya tertarik karena Danau Ranau punya kisah legenda dan berbagai keindahan lainnya. Itu baru Ranau. Bagaimana dengan danau-danau lainnya? Pasti punya banyak kisah pula di dalamnya,” pikirnya waktu itu. Danau biasanya terletak di lokasi terpencil dengan akses yang sulit sehingga segala potensi yang ada pastinya belum banyak diketahui secara umum. “Mengungkapkan potensi-potensi itulah yang jadi alasan mendasar tentang pemilihan danau sebagai obyek pengamatan utama,” jelas lelaki yang punya gawean sebagai freelancer system developer (programmer).

Lelaki kelahiran Jakarta, 5 April 1960 ini memang sudah keranjingan naik motor sejak duduk di bangku SMP. Dulu, motor dianggapnya sebagai sarana transportasi paling mudah dan murah dalam hal pemakaian dan perawatannya. “Motor adalah alat transportasi yang memiliki banyak kelebihan. Bisa membawa kita hampir ke manapun. Kita bisa menikmati hobi bermotor sambil membagikan kesenangan itu dengan merekam kegiatan yang kami sebut sebagai Saptaranu.”

“Saptaranu adalah kerja keras untuk mewujudkan mimpi membuat rekaman perjalanan bermotor keliling Indonesia,” ucapnya bersemangat.

ImageSaat ini, banyak bikers yang membuat acara serupa yang mengatas namakan pemperkenalkan keindahan alam dan wisata Indonesia kepada masyarakat dunia macam Indonesia Exploride dan Ring of Fire Indonesia. “Saptaranu berbeda dengan Indonesia Exploride dan Ring of Fire Indonesia dalam banyak hal. Kami tidak didukung oleh tim besar yang dilengkapi dengan kendaraan roda 4. Segala kendala yang terjadi di perjalanan akan kami hadapi sendiri. Kami juga tidak didukung oleh tim audio-visual. Foto dan video akan kami ambil sendiri. Kami yakin dengan segala kesederhanaan akan mampu memberikan hasil yang baik,” tegasnya.

Explorasi keindahan alam Indonesia dengan moda transportasi apa saja, yang terpenting anda mampu dan enjoy melakukannya. Hidup pariwisata Indonesia. (Rdx13)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s