OMR CB150R Melaju Kencang diajang Balap IRS 2013

ImageIndoSpeed Race Series 2013 (IRS) tahun ini ada kelas tambahan yang disponsori oleh Honda. One Make Race (OMR) CB150R namanya. Kelas ini dibuka oleh Honda dengan maksud sebagai pembibitan pembalap muda, karena yang boleh mengikuti OMR ini hanya pembalap yang berusia dibawah 20 tahun. Berlokasi disirkuit Sentul Besar, seri 1 digelar hari Minggu (31/4-13), yang diikuti oleh 16 pembalap.

Sejatinya, OMR CB150R dialokasikan sebagai ajang pengenalan para pembalap muda untuk naik ke kelas yang lebih tinggi. “Jadi di kelas ini mereka akan mengasah skill untuk mengenal karakter motor batangan. Baru setelah itu mereka bisa saja melakukan lompatan-lompatan ke kelas balap yang lain,” terang Anggono Iriawan, Manager Safety Riding & Motorsport PT. Astra Honda Motor (AHM) saat ditemui paddock ART Minggu lalu.

ImageMotor Spek Standar Dengan Sedikit Modif

Motor ini mampu menembus top speed 145km/jam pada trek lurus disentul. Konsep motor ini 95% masih spek standar bawaan pabrikan. Modifikasi sekedar dilakukan hanya untuk menyesuaikan kondisi agar bisa digunakan untuk medan balap dan “rebah-rebah” pada tikungan yang membutuhkan speed motor tinggi.

ImageModifikasi yang terlihat nyata ada pada : Knalpot, part ini diganti dengan knalpot merek “Over racing” buatan Jepang, dan piggy back ‘pengacau’ ECU, alat ini memerintah ECU (Electronic Control Unit) untuk mengubah mapping injeksi dan pengapian, agar bisa lebih tinggi putaran mesinnya. Piggy Back tersebut bermerek Two Brother Racing dengan tipe Juice Box Pro.Image

Menurut sang rider dan mekanik, alat ini menggeser limiter sampai 11.000 rpm. “Power mulai dari bawah ke tengah cepat, dari tengah ke atas agak lambat. Di trek lurus sanggup 145 km/jam, tapi sisa gas masih ada. Motor ini mampu menembus 2.13 detik dalam satu putaran di Sirkuit Sentul Besar.Image

Selain Knalpot dan bagian ECU yang dimodifikasi, bagian lain juga ikut disesuaikan dengan kebutuhan motor balap, agar nyaman handling-nya seperti footstep dibuat racing agar saat rebah cornering tidak bergesekan dengan lintasan aspal, bagian Ban menggunakan ban tipe racing dari FDR dengan ukuran ban belakang : 120-70-17 dan depan : 90-80-17.

ImageSein dan spion dilepas, stangpun masih stang original bawaan pabrikan yang merupakan standar motor CB150R. Bahkan bagian lampu depan dan belakang masih terpasang dengan fungsi normal, masih bisa nyala jika di rem, lampu depan hanya ditutup dengan stiker scotlight sebagai media penomoran motor. Jok masih menggunakan jok aslinya dan hanya dipapas sedikit agar lebih tipis dan nyaman untuk bermanufer. Klakson juga masih nyala.

Sedikit bocoran dari pihak IMI, jika project ini sukses maka tahun depan akan resmi dibuka kelas 150 cc, disini sudah banyak motornya seperti Vixion,CB150R, dan CBR. Makin seru aja nih balapan dikelas 150cc. Mari kita tunggu saja realitanya. (Rdx13)

Berikut Hasil Akhir OMR CB150R :

1. Tommy Salim Honda TDJ Don23 Federal Oil (17:06.760)
2. M. Iqbal Wahyudin Honda Daya Racing (17:06.862)
3. Aditya Pangestu Golden Racing (17:06.864)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s