MOTOGP SERI 13 : PERANG TEKNOLOGY GEAR BOX DI MISANO ITALY

ImageJudul diatas dirasa tepat karena baru kali ini di Sirkuit Misano Italia Yamaha Factory Racing berani menggunakan teknologi Seamless Shift Gerbox (SSG). Perjudian apa bukan namun karena SSG ini dirasa yang paling tepat untuk mengejar kecepatan motor Honda. Bagi Yamaha sendiri sebenarnya teknologi ini telah diriset lebih dari 2 tahun yang lalu, namun belum berani digunakan. Sempat akan digunakan pada seri ke 10  disirkuit  Indianapolis Amerika bulan Agustus lalu, namun gagal.  Di Sirkuit Misano ini, dua pembalap Yamaha Factory Racing Team dapat tersenyum lebar. Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi menyebutkan bahwa akhir pekan ini akan menjadi debut pengunaan SSG yang mereka tunggu tunggu. “Seamless akan hadir di sini, besok,” kata Lorenzo.

Lorenzo dan Rossi jelas bahagia dengan kehadiran gearbox teranyar yang telah mereka ujicoba di brno, Agustus silam. Pesaing mereka, Honda dan Ducati, telah lebih dulu memakainya. Honda mencapai sukses dengan SSG namun tidak demikian dengan Ducati.

“Waktu kami mencoba (SSG) di Brno, aku langsung tersenyum, tidak terjadi drop power saat penggantian gear. Kamu seperti mengendarai motor otomatis. Hal yang sangat terasa adalah ketika kamu oper gigi ditanjakan. Biasanya motor akan goyang ketika kamu melakukannya, namun dengan seamless shift tidak. Kita lihat apa saja yang bisa kita raih saat balapan nanti” tutup Lorenzo. Pernyataan ini diamini oleh Rossi rekan setimnya.

Image“Kami sangat senang. Untuk yakin itu penting, terutama di sini di Misano, dimana gearbox akan bekerja lebih banyak. Kami berharap ini akan menjadi keuntungan yang baik untuk bertarung dengan Honda,” tutur Valentino Rossi.

Sesi latihan pertama yang digelar di Misano, Jum’at (13/9) ini berlangsung cukup menarik dimana para pembalap top berusaha memuncaki catatan waktu. Yamaha Factory racing yang kali ini menggunakan gearbox baru mereka memberikan perlawan terhadap Repsol Honda.

Namun Honda akhirnya Berjaya di latihan pertama setelah Marquez berhasil mencatatkan waktu tercepat dengan waktu 1’34.476 detik. Ia lebih cepat 0.222 detik dari rekan setimnya, Pedrosa yang tampil cukup baik menjelang akhir sesi dan mampu mengamankan posisi kedua. Sedangkan Lorenzo hanya menempati posisi ketiga dengan terpaut +0.426 atas Marquez.

ImageSementara Rossi meski tampil baik harus puas mengamankan posisi keempatsetelah hanya kalah cepat +0.502 dari Marquez. Di belakang The Doctor, bertengger nama dua pembalap satelit Honda, Alvaro Bautista dan Stefan Bradl.

Dengan peranti baru ini Lorenzo maupun Rossi berharap dapat meredam dua pembalap Repsol Honda. Saat ini Yamaha sedang bekerja keras untuk menyempurnakan SSG. Jorge saat ini tertinggal 39 poin dari Marquez dan sembilan poin di belakang Pedrosa. Sementara itu Valentino Rossi berada pada posisi 4 dengan jarak yang cukup jauh. Perebutan gelar juara semakin berat bagi pabrikan garputala. Terpaut 39 poin dari Marquez.

Seperti yang kita tahu, Honda sudah mengaplikasikan SSG sejak dua tahun lalu. Research dan development terus dikejar dan mampu diaplikasi untuk membuat RC213V kini terlihat lebih superior dibanding M1. Kondisi ini diakui oleh para rider Yamaha yang mengaku sangat berat melawan Honda dimusim ini. Shifting lebih cepat dan stabil sehingga motor terus prima hingga penghujung lap.

Lin Jarvis angkat bicara tentang keputusan tim biru. “Gearbox tersebut memang benar-benar baru bagi kita, sebuah sistem desain dari Yamaha. Kita mengembangkan serta melakukan beberapa perbaikan setelah dari Brno yang kita butuhkan sebelum menggunakannya dibalapan. Dalam balap pasti selalu ada resiko, tapi kami ingin lebih menyempurnakan hingga sekarang”  ujar sang direktur Yamaha racing ini dengan nada optimis.

ImageDari hasil latihan resmi ini memang sudah terlihat nyata akan efek dari SSG yang dipasang di Motor Yamaha M1 ini, terbukti kedua Riders Yamaha ini mampu mengimbangi catatan waktu dari Riders Honda, Marques dan Pedrosa walaupun masih terpaut beberapa detik, dan belum mampu mengungguli mereka. (Rdx13)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s