MOTOGP : GIR BOX YAMAHA MAMPU PECUNDANGI GIR BOX HONDA, LORENZO JUARA DI MISANO ITALY

ImageTerasa special bagi Tim Yamaha Factory Racing, khususnya Lorenzo, dalam laga MotoGP di Misano yang saat ini sirkuit berubah nama menjadi Marco Somoncelli mampu unggul sejak lap pertama hingga lap akhir tanpa perlawanan berarti dari kedua rider Honda, Marquez dan Pedrosa, yang pada balapan seri-seri sebelumnya selalu memeberikan tekanan hebat dan selalu nempel dibelakang, namun kali ini tidak. JL sapaan akrab Jorge Lorenzo semakin memantapkan diri sebagai raja Sirkuit Misano setelah finish pertama dalam laga MotoGP San Marino  Minggu 15 September 2013.

Pada seri ke 13 di Misano ini, Yamaha resmi mengumumkan penggunaan Seamless Shift Gerbox (SSG). Teknologi yang dipercaya sebagai biang kekelahan M1 Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi di sirkuit sempit tanpa trek panjang dan banyak membutuhkan akselerasi bawah dan perpindahan gigi, seperti di Misano. Strategi penggunaan SSG oleh Yamaha dinilai tepat, dan hal ini terlihat jelas saat Lorenzo mampu dengan nyaman melibas tikungan tanpa kesalahan sedikitpun.

Bagi pebalap Yamaha Factory tersebut kemenangan itu merupakan yang ketiga berturut-turut di sirkuit yang kini bernama Marco Somoncelli. Kemenangan ini sekaligus menjadi yang kelima sepanjang musim 2013. Sementara itu, peraih pole position Marc Marquez harus puas berada di urutan kedua, di depan rekan satu timnya Dani Pedrosa. Sedangkan Valentino Rossi yang berambisi memuaskan publik tuan rumah harus merelakan berdiri di bawah podium di urutan keempat.

46rossi_s1d9907-2_slideshow

Start kali ini masih didominasi oleh Riders Honda dan Yamaha yang keempat motor ini telah mengaplikasi teknologi SSG pada motor masing-masing. Rasa percaya diri begitu tinggi pada Lorenzo dan seperti biasa langsung tancap gas sejak start awal dan mampu meninggalkan Marquez yang start posisi pertama. Strategi ini sering kali dijalankan oleh Lorenzo di race-race sebelumnya, tancap gas dan ngotot di 10 lap awal agar mampu melesat kedepan dan sulit dikejar Honda. Namun stragtegi ini baru mampu ia jalankan di race Misano kali ini, karena berkat dukungan teknologi SSG Lorenzo melesat sendirian didepan tanpa bisa didekati oleh pembalap Honda. Jika di race sebelumnya Lorenzo selalu keok dil lap-lap akhir, namun kali ini tidak. Pada akhirnya seri MotoGP San Marino praktis berlangsung tanpa drama-drama menegangan. Selepas start Lorenzo langsung memimpin di depan, diikuti Pedrosa, Marquez dan Rossi.

Ketika lomba baru berlangsung lima putaran Rossi mampu mengambil keuntungan dari kesalahan Marquez yang hendak menyalip Pedrosa. Marquez yang melebar di tikungan tak kuasa menerima serangan Rossi. Sejak saat itu komposisi pebalap di depan berubah. Lorenzo tetap di depan, sementara Pedrosa, Rossi, dan Marquez berjajar di belakangnya. Namun tak berlangsung lama, Marquez kembali mampu menyalip kembali Rossi dan Pedrosa. Sehingga Marquez mampu finish kedua.

Kali ini terjadi drama seru antar pembalap Honda, dimana Marquez dan Pedrosa saling serang dan salip dilap-lap terahirnya, namun tenaga muda Marquez tak mampu dibendung oleh Pedrosa yang akhirnya hanya mampu finish diurutan ketiga dan dibuntuti oleh Rossi posisi keempat.

ImageLorenzo mampu podium pertama dan atas kemenangan tersebut, kini Lorenzo masih berada di urutan kedua klasemen sementara pebalap MotoGP dengan nilai 219 poin, sama dengan nilai yang telah dikumpulkan Pedrosa. Kedua nilai pebalap tersebut terpaut 34 poin dari Marquez yang memuncaki klasemen.  (Rdx13)

Hasil MotoGP San Marino 2013:

Pos/Rider/Team/Time (Gap)

1. Jorge LORENZO Yamaha Factory 44’05.522

2. Marc MARQUEZ Repsol Honda +3.379

3. Dani PEDROSA Repsol Honda +7.368

4. Valentino ROSSI Yamaha Factory +15.062

5. Stefan BRADL LCR Honda +22.355

6. Cal CRUTCHLOW Yamaha Tech 3 +22.599

7. Alvaro BAUTISTA Honda Gresini +31.059

8. Andrea DOVIZIOSO Ducati +42.702

9. Nicky HAYDEN Ducati +44.858

10. Michele PIRRO Pramac +47.818

11. Bradley SMITH Yamaha Tech 3 +48.011

12. Colin EDWARDS Forward +1’03.154

13. Aleix ESPARGARO Aspar +1’07.600

14. Hiroshi AOYAMA Blusens +1’15.528

15. Danilo PETRUCCI IodaRacing +1’17.907

16. Claudio CORTI Forward +1’29.655

17. Randy DE PUNIET Aspar +1’33.990

18. Michael LAVERTY Paul Bird +1’36.860

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s