SERBA SERBI AKSESORIS MOTOR YANG NGETREND DIKALANGAN BIKERS

Punya motor standard dan gitu-gitu aja tanpa perubahan minor dan mayor dirasa kurang afdol bagi sebagian pecinta otomotif (motor). Modifikasi bagian aksesoris adalah hal wajib dan lumrah bagi anak-anak klub/komunitas, entah dari sekedar spion, velg, ban, atau full body satu motor. Nah untuk tahun ini ada beberapa part aksesoris yang lagi ngetrend dikalangan biker di tanah air kita. Mari kita simak mas bro, semoga ada manfaat buat kita bersama. Sumber ini kami ambil dari detikoto dan beberapa media lainnya serta pengamatan dikalangan para temen-temen klub/komunitas.

1. Aksesoris Helm Bergaya Retro

ImageHelm Retro menjadi buruan paling ngetrend dikalangan biker dan wajib dimiliki, entah itu lokal ataupun import dan muncul aneka warna dan model sehingga mudah dalam menyesuaikan dengan warna motor. Tidak hanya pengguna motor bebek, sport dan matik, pengguna motor retro juga belakangan ini semakin menjamur, apalagi setelah motor-motor terbaru Vespa meluncur di Indonesia.

Motor vespa gimana? Nah, biasanya pengguna motor Vespa terbaru atau motor lainnya yang didandani retro selalu ingin tampil dengan penuh aksesoris. Entah itu untuk motornya sendiri ataupun pengendaranya.

Apa saja aksesorisnya? Helm, yang dijual mulai dari harga Rp 125 ribu sampai Rp 450 ribu, Behel-behel dari Rp 75 ribu sampai Rp 600 ribu, windshield dari Rp 100 ribu sampai Rp 450 ribu, back rack dari Rp 125 sampai Rp 450.

Untuk spion retro/sport atau model bulat dijual mulai Rp 25 ribu sampai Rp 275 ribu, gantungan kunci dari Rp20 ribu sampai Rp 60 ribu, hingga ke logo-logo Vespa.

2. Tank Bag

ImageTas yang satu ini serba serbi fungsinya, jika dikalangan biker tidak menggunakan box dan memilih aliran trondoler maka tas yang dapat diletakan diatas tengki motor ini begitu menjadi primadona dikalangan bikers, baik pecinta motor tiger maupun motor sport batangan lainnya.

Tas ini memiliki magnet dibagian bawah tas, diletakan di sisi kirikanan sehingga kuat melekat ditengki motor sport, ukurannya pun bervariatif ada yang ukuran kecil dan besar (10 L sampai 15L) . Tankbag ini memiliki kantung dibagian depan untuk menyimpan dompet, uang recehh. Sedangkan dibagian kiri dan kanan yang dapat menampung pernak pernik atau barang yang tidak terlalu besar seperti powebank, chainlube. Dan Kompartemen bagian dalam untuk phone, key saver dan pen slot.

Tankbag ini bisa dijadikan tas Backpack dan tas jingjing. Material bagian bawah menggunakan bahan Lexter yaitu jenis material yang 80% terbuat dari bahan karet untuk menjaga supaya tangki terhindar dari goresan. Untuk pemakaian di musim hujan pun tidak perlu khawatir karena sudah disediakan raincover. Harga tankbag ini berkisar antara Rp. 300rb sampai Rp.1 juta.

 3. Box Motor (Top Box mapun Side Box)

ImageTop Box Masih menjadi trend sampai saat ini, Box Givi misalnya sejak awal kemunculannya di Indonesia era tahun 90 an dan menjadi booming dikalangan pecinta motor Tiger, khususnya pengguna motor tiger dari Komunitas HTML (Honda Tiger Mailing List) mampu menjadikan trend centre bagi masyarakat pecinta motor hingga saat ini.

 Diawal kemunculannya banyak yang mencibir, dengan sindirian motor kok pakai rice cooker dan cibiran lain sebagainya toh saat ini motor dengan style turing full box maupun hanya top box masih menjadi trend dikalangan bikers. Hal ini terbukti dengan  banyak bermunculan merek box baru, seperi Kappa, Shad, KMI yang makin laris manis di market Indonesia.

 Harga Box ini lumayan mahal mulai dari Rp.800rb sampai dengan Rp.7 juta.

 4. Lampu HID Projector

ImageBelakangan ini sering ditemukan pengguna sepeda motor menggunakan lampu depan yang lebih terang. Ya, mereka biasanya mengganti lampu asli bawaan pabrik dengan lampu HID Projector yang sudah banyak dijual di toko aksesoris motor.

Seperti di toko aksesoris Panca Jaya yang berada di Jalan Otista Raya No.37 B, Jakarta Timur yang menjual berbagai pilihan HID projector. Lampu ini dijual dengan harga Rp 859 ribu hingga Rp 950 ribu.

HID Projector ini bisa digunakan di segela jenis motor yang beredar di Indonesia dan harga yang dibanderol itu sudah termasuk dengan angel eyes.

5. Lampu Rem Ala Mobil Formula 1

ImageTak hanya digunakan di kendaraan roda 4, brake lamp ala mobil Formula 1 juga sering digunakan oleh pengguna sepeda motor. Sering kali ditemukan di jalan terutama motor-motor laki seperti Honda CB150R, V-Ixion, Tiger dan lain-lain.

Biasanya mereka para bikers yang memasang brake lamp ala mobil F1 ini sama seperti penggunaan dan sesuai dengan fungsinya. Jadi ketika motor tersebut melakukan pengereman, lampu itu akan berkedip-kedip menyala.

Harganya juga relatif murah, untuk 1 unit brake lamp dijual Rp 80 sampai Rp 90 ribuan dan sudah termasuk jasa pemasangan. Para bikers juga bisa memilih warna yang disukainya. Ada yang berkedip warna merah, dan biru.

6. Masker Topeng

ImageKebanyakan pengguna sepeda motor sekarang menggunakan masker. Bentuknya juga cukup beragam, ada yang dari kain dan yang kini sedang digandrungi para bikers adalah masker topeng.

Ya, masker topeng, masker ini belakangan ini banyak dipakai oleh para bikers. Bentuknya cukup unit yakni gambar-gambar muka orang atau badut dan lain sebagainya.

Fungsinya itu sendiri tetap sama dengan masker bentuk lainnya. Hanya saja masker ini terlihat lebih unik. Harganya juga relatif murah, masker topeng ini dijual dari harga Rp 50 ribu hingga Rp 90 ribu.

7. Knalpot Racing

ImageAksesoris yang satu ini sampai saat ini masih dicintai oleh para bikers, walaupun ada regulasi dari pemerinta yang melarang penggunaan knalpot ini untuk harian, dengan alasan bisingnya suara yang ditimbulkan, tapi hal ini tak menciutkan nyali para biker untuk tetap memakainya.

Dari dulu hingga sekarang, knalpot racing masih tetap digandrungi oleh para bikers yang selalu ingin tampil racing. Mereka menggunakan knalpot racing untuk memberikan kesan sporti pada suara motornya yang jauh lebih berisik. Banyak merek-merek after market untuk knalpot racing dijual di tempat-tempat aksesoris, seperti knalpot Pro Speed yang untuk motor sport 4 tak.

Yang tak kalah menarik dan banyak diburu oleh pengguna motor adalah knalpot ala MotoGP. Knalpot ini bukan yang asli melainkan kustom yang sengaja dibuat mirip dengan knalpot-knalpot yang digunakan oleh pebalap MotoGP. Knalpot kustom bergaya MotoGP dengan harga yang terjangkau yakni hanya Rp 1,5 juta. (Rdx13)

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s