ANEKA HELM SUPER CANGGIH DAN SPECIAL EDISI KELAS DUNIA

ImageTeknolog helm saat ini berkembang dengan pesat, perangkat keselamatan berkendara motor yang satu ini sekarang oleh pabrikan kelas dunia semakin berteknologi super canggih dan memanjakan penggunannya. Salah satunya Helm Skully asal California dan Helm X-Lite asal pabrikan Nolan Itali. Ada yang dilengkapi dengan GPS, Bluetooth dan aneka macam teknologi canggih lainnya yang tentunya membuat pengendara menjadi aman dan nyaman.

Kita ambil contoh Helm Nolan, Bertepatan dengan putaran final Kejuaraan Dunia MotoGP 2013 di Valencia, Spanyol, pabrikan Nolan meluncurkan helm X-Lite edisi terbatas. Helm edisi terbatas itu bernama X-Lite X-802R Ultra Carbon Moto GP seperti yang terkabar di web resmi MotoGP, Sabtu (9/11/2013).

Dijelaskannya, bahwa helm ini dapat mewujudkan semua karakteristik dari helm balap X-802R. Batok luarnya dibuat dengan kandungan serat karbon yang tinggi sehingga ringan dan tetap kuat.

Image“Selama 8 tahun terakhir kita merupakan satu-satunya perusahaan yang membuat replika helm MotoGP dibawah lisensi dari Dorna,” beber Ketua Nolan Group, Alberto Vergani.Tahun ini kita memproduksi model edisi terbatas untuk memberikan kepada para fans agar mereka bisa memilikinya. Kami akan menjualnya secara resmi di situs MotoGP,” paparnya.

Helm X-802R Ultra Carbon Moto GP ini dibuat oleh Reparto Corse NolanGroup.

“Saya sangat senang bisa bermitra lama dan berlisensi dengan Nolan. Mereka telah menunjukan komitmen besar untuk MotoGP yang bertahun-tahun menghadirkan helm dengan kualitas dan keunggulan yang tinggi,” kata Dorna Sports Chief Executive Officer Carmelo Ezpeleta.

SKULLY HELMET

ImageSelain Nolan X-Lite ada yang super canggih lagi yaitu Helm Skully. Perusahaan pembuat helm, Skully, seperti dilansir engadget, baru-baru ini meluncurkan helm pintar untuk pengendara motor. Marcus Weller, pendiri Skully, mengatakan helm pintar tersebut dinamakan helm P-1 yang mampu ikut mencegah kecelakaan.

Helm P-1 dilengkapi dengan kamera FOV 180 derajat yang menghadap ke belakang dan controller micro dengan sistem operasi Android, yang memberikan informasi video melalui fitur HUD (Heads Up Display), mirip dengan Google Glass.

HUD adalah teknologi di mana kaca helm, menjadi layar yang bisa langsung dilihat oleh pengendara. Dengan menggunakan HUD, pengendara dapat melihat 6 meter ke depan.

Selain itu, pengendara dapat mendengarkan perintah suara, sehingga mereka dapat melihat kemana mereka pergi, atau ada obyek apa saja di belakang mereka. Atau memerintahkan helm untuk memainkan musik kegemaran Anda.

Untuk menambah fungsi, P-1 memiliki semacam ‘sirip’ yang dipasang di atas helm dan dilengkapi dengan GPS, Bluetooth, accelerometer, gyro, kompas dan baterai yang dapat dicas.

Image Rencananya, helm P-1 ini akan tersedia untuk dijual pada musim semi mendatang, dengan warna matte black atau gloss white, dan akan dipasarkan sebagai helm yang premium. Artinya harga untuk helm ini diperkirakan sebesar US$ 1.000 atau Rp 11 jutaan.

Ide dari pembuatan helm ini berasal dari jalan di Barcelona. Weller pernah tinggal di kota di Spanyol itu selama beberapa tahun.

Saat itu, ia mengalami kecelakaan saat menggunakan motornya ketika ia sedang mencari tanda untuk menemukan jalan tujuannya. Ia tidak melihat sekeliling, dan sebuah mobil menabraknya.

Untungnya, ia tidak mendapat luka serius, dan setelah kejadian itu, ia berpikir bagaimana jika helm yang ia gunakan memberikan petunjuk, sehingga ia tidak perlu memalingkan pandangannya dari jalan? Saat kembali ke Amerika Serikat, ia memutuskan membuat helm pintar tersebut. Nah sipemakai akan merasakan sensasi mirip Iron Man.(Rdx13)

Image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s