PEMERINTAH : 2015 SELURUH MOTOR HARUS INJEKSI, LALU NASIB HONDA TIGER BAGAIMANA?

ImageInformasi tentang emisi Euro3 yang diminta oleh Pemerintah Indonesia semakin menguatkan akan isu yang sebelumnya telah berkembang mengenai motor yang paling lama diproduksi oleh AHM dan sampai saat ini belum ada perubahan soal Engine, yaitu motor Honda Tiger. Menarik memang membahas isu tentang si Macan Tua ini karena ditahun 2014 nanti akan distop produksi dan akan berganti ke pengabutan system injeksi. Nasib Tiger dengan kebijakan pemerintah ini bagaimana?

Pemerintah sudah meminta produsen untuk membuat kendaraan yang ramah lingkungan dengan standar emisi Euro3. Hal itu akan berdampak pada motor-motor yang masih menggunakan karburator. Di 2015 motor karburator akan punah. So jadi si Macan ini akankah ikut revolusi dengan berganti Engine ke system Injeksi atau sekaligus revolusi total naik kelas ke 250cc dengan system injeksi? Pihak AHM jika ditanya soal ini masih diam seribu bahasa tapi hanya sedikit memberikan kata kunci ya seperti main puzzle, para jurnalis dan blogger harus pandai-pandai mengorek informasi dari segala lini.

“Karburator kita tidak akan produksi lagi,” ujar Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor Margono Tanuwijaya kepada wartawan di Pandeglang, Banten. Nah statement ini sudah memberikan sinyal jelas bahwa motor produksi Honda akan menggunakan injeksi pada seluruh produknya, tak terkecuali si Macan.

Deputy GM Sales Division AHM Thomas Wijaya menambahkan di bulan Agustus 2015 nanti semua motor harus mengadopsi sistem emisi Euro3. Dan untuk mencapai Euro3, motor berkaburator sudah tidak bisa memenuhinya.

Saat ini yang berkembang di AHM tentang Kode K31G kode ini mengacu pada inisial motor sport turing tapi berbasis mesin terbaru dengan teknologi baru, berkapasitas mesin 250cc Injeksi, apakah ini indikasi kemunculan New Tiger 250cc Injeksi? Kode ini memang masih menjadi rahasia dikalangan internal AHM, namun dari hasil penelisikan, dan mendapat sedikit bocoran, bahwa 80% kode K31G ini mengarah ke produk New Tiger 250cc tapi entah tahun berapa akan diluncurkan kepasaran. Kode produksi K31G ini berkubikasi 250cc,engine DOHC 4 klep, water cooled. Namun kode ini oleh pihak AHM tertulis sebagai kode untuk CBR250cc, tapikan CBR sudah diproduksi dan beredar dipasaran Indonesia. Apakah ini rekayasa semata oleh AHM agar para penggali berita terkecoh? Entahlah!…

“Kebetulan standar emisi Euro3 hanya bisa dipenuhi dengan fuel injection, karena itu kami mengembangkan injeksi. 2015 sudah tidak boleh kami produksi lagi karena kami harus comply dengan aturan pemerintah,” ujarnya.

Namun tidaklah cepat juga Honda Tiger akan diproduksi dengan Engine terbaru menggunakan system pembakaran Injeksi. Karena menurut pihak AHM project new Tiger Injeksi ini lemah dan mengihang isunya diinternal AHM. Tipe Honda Tiger ini mungkin baru diproduksi setelah line produksi plant Karawang berjalan normal itupun  sekitar awal Januari 2015. Sementara ini, plant baru akan difokuskan untuk tipe KZRA dan KZRM alias Vario WTF. Sedang kekosongan plant Cikarang bakal diisi dengan memaksimalkan K25 atau biasa dikenal sebagai Beat FI serta Scoopy. Nah makin suram aja kan masa depan Honda Tiger…lanjut or Stop? Nah kita tunggu saja kejutan demi kejutan yang akan dihadirkan oleh AHM. (Rdx13)

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s