YAMAHA SCORPIO DISUNTIK MATI NASIBMU SAMA DEGAN SANG MACAN HONDA TIGER, ADA APA INI?

ImagePabrikan motor Yamaha telah siap dan yakin akan menyuntik mati motor sport legendarisnya, Scorpio Z. Nah, dengan munculnya kabar ini ada salah satu pecinta automotive yang mencoba membuat konsep yang dituangkan dalam bentuk gambar sketsa, dia adalah Ridwan Habibillah, pencinta automotive yang peduli akan motor Scorpio Z ini. Namun tidak tau apakah Yamaha tertarik dengan konsep ini? Nasib ini juga seirama dengan sang kompetitornya yaitu Honda Tiger, yang mengalamai stop produksi pada tahun 2014 ini. Trend saat ini motor berkapasitas 200cc telah menurun pamornya dan sepertinya kalah dengan motor 250cc seperti Ninja 250cc 2 silinder. Era keemasan kedua motor ini telah berakhir.

Sketsa New Scorpio

ImageBerikut kilas balik mengenai Yamaha Scorpio atau Sikalajengking.

Sejak kelahirannya kisaran tahun 2001 hingga saat ini tahun 2014, Yamaha Scorpio telah mengalami 3 kali perubahan desain dan model, evolusi ini dimaksudnya untuk penyempurnaan mesin dan model agar tetap dicintai oleh konsumen. Basik model Scorpio atau si Kalajengking ini mengingatkan kita pada motor 2 tax RX King, mesin Scorpio ini berbasic mesin Yamaha XT250 yang diproduksi di Jepang.

Yamaha Scorpio generasi pertama ini bertahan s/d tahun 2004 dan memiliki ciri antara lain CDI yang memungkinkan mesin meraung pada RPM tinggi dan pilot jet berukuran lebih besar yakni 17,5 daripada Scorpio generasi berikutnya yang berukuran 15. Ciri lain yang unik pada generasi pertama ini bentuk tangki yang tidak membulat melainkan menanjak ke atas, sepasang shroud, lampu depan berbentuk kotak dan lampu sein belakang menyatu dengan lampu rem.

ImageScorpio generasi berikut beredar pada tahun 2005 – 2010 dan diberi kode Scorpio Z. Kapasitas tangki bensin diperbesar dari 12 liter menjadi 13,5 liter bensin. Pada produksi tahun 2006 Scorpio dilengkapi dengan AIS (Air Induction System) untuk mengantisipasi EURO II. Pada Scorpio Z produksi tahun 2005 dianggap memiliki keistimewaan pada koilnya karena disinyalir sanggup menghasilkan api busi yang lebih besar. Major change pada model Scorpio Z dibanding dengan generasi sebelumnya adalah penggunaan lampu besar bulat dan lampu sein belakang yang sekarang terpisah dari lampu rem.

Scorpio 2010 hingga saat ini. Pada generasi ini sudah banyak perubahan bentuk, mulai dari desain tangki, lampu depan, sampai buritan. Oleh YMKI model ini diberi nama New Scorpio Z. Selain tangki yang sedikit mengecil kapasitasnya menjadi 13 liter, bobot keseluruhan New Scorpio Z juga menjadi lebih ringan. Penyempurnaan pada suspensi yang sering amblas telah dibuatkan penyangga khusus sehingga lebih tahan akan beban berat, dan tidak akan amblas. (Rdx13).

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s