BERHATI-HATILAH ISI BENSIN SAAT ERUPSI

ImageAbu vulkanik dari letusan Gunung Kelud memang sangat berbahaya. Tidak hanya berdampak pada kesehatan manusia, abu vulkanik juga berdampak pada kesehatan motor. Manager Service Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Muhammad Abidin mengatakan selain membersihkan filter udara, pemotor juga harus memperhatikan saat mengisi bahan bakar minyak di SPBU.

“Hati-hati kalau mau isi bensin. Perhatikan tempat pengisian BBM, soalnya lokasi-lokasi ini juga kena abu vulkanik. Ini harus diperhatikan. Abu vulkanik bisa masuk ke tangki bensin lewat corong bensin dan akhirnya merusak mesin,” jelas Abidin.

Abidin menjelaskan abu vulkanik juga bisa bisa masuk ke tempat penyimpan BBM, selanjutnya dipompa dan masuk ke tangki mesin motor. Pemilik SPBU tidak sadar kalau abu vulkanik sebegitu jauh mengganggu.

Karena itu lanjut Abidin, lebih baik pemilik motor mengisi bensin jauh dari lokasi bekas erupsi gunung berapi. Kalau tidak ada lokasi pengisian BBM sebaiknya diamkan motor di dalam rumah.

Image
Abu vulkanik diketahui mengandung unsur SiO2 (silika) dan sangat tajam hingga bisa menggores silinder dan piston.

“Kualias BBM harus diperhatikan termasuk tempat pengisiannya. Tempat pengisian bensin bisa terpapar abu vulkani. Kalau bisa beli bensi di tempat yang jauh,” tutup Abidin.

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s