MOTOGP 2014 : KOMPON BAN DAN KODE MENGALAMI PERUBAHAN MASYARAKAT DI EDUKASI

ImageGelaran MotoGP tahun 2014 akan semakin dekat dan bisa segera kita nikmati bersama pada seri pertama di Losail Qatar Pada 23 Maret 2014 mendatang. Ada yang berbeda dengan gelaran tahun lalu, dimana perusahaan ban asal Jepang sebagai pemasok tunggal ban akan memberikan Kode kompon dan perubahan system penandaan pada ban berdasarkan tingkat kekerasan kompon, selain itu Kode Kompon akan diperlihatkan dari awal hingga akhir pada setiap race yang berlangsung. Efeknya penonton dan masyarakat akan dicerdarkan dalam memilih ban sesuai peruntukan. Perubahan system penandaan ban ini berdasarkan masukan dan request dari Team pabrikan  dan team open class (seri race terbaru dari MotoGP).

Untuk musim balap 2014 ini  aka nada 4 tipe ban yang akan digunakan, yang terdiri dari ban slick – Extra- lembut , Soft , Medium dan Hard – masing-masing akan  memiliki warna tertentu. Perubahan ini akan membuat lebih mudah bagi penonton untuk membedakan antara Team pabrikan dan Team Open Class. Serta penonton akan mengetahui kombisansi ban depan dan belakang yang akan digunakan oleh masing-masing pembalap.

Berikut ini Kode Kompon Ban Bridgestone pada MotoGP 2014 :

Extra-soft compound     : Green

Soft compound               : White

Medium compound        : Black (no stripe)

Hard compound             : Red

ImageHiroshi Yamada – Manager, Bridgestone Motorsport Department menjalaskan :

“Penandaan pada Ban Musim ini dirancang untuk memudahkan pada penonton MotoGP untuk melihat kompon ban bagian depan dan belakang pada setiap motor pembalap.  Perubahan ini kami dasari oleh beberapa factor, sejak diperkenalkannya kelas CRT , dan sekarang grid yang dibagi antara Pabrikan dan mesin Open- class, kami telah memutuskan untuk mengubah sistem penandaan ban yang sesuai dengan Team agar penonton bisa dengan mudah membedakan ini pembalap pabrikan atau Team CRT  dengan mesin open class. Tahun lalu sistem penandaan menggunakan garis putih untuk menunjukkan pilihan sebuah ban”

Semakin edukatif saja nih bro…pabrikan ban Jepang ini…semoga penonton MotoGP mampu dibuat cerdas saat menonton MotoGP. (Rdx13)

Sumber Foto : Official MotoGP

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s