BAN BRIDGESTONE DALAMI MASALAH BAN ROSSI DAN STEFAN BRADL PASKA MOTOGP ASUTIN

ImagePaska seri ke 2 MotoGP di Austin Amerika ada beberapa keluhan dari para pembalap, diantara mereka Velntino Rossi dan Stefan Bradl, kedua pembalap ini mengeluhkan kondisi ban depan pada sisi kanan yang cepat habis dan terasa licin karena gripnya berkurang. Awal mulanya yang melakukan komplain adalah Rossi dikemudian hari menyusul komplain dari Stefan Bradl. Atas dasar inilah pihak pembuat ban asal Jepang langsung sigap merespon dan meriset hasil dari Austin. Sirkuit Austin sendiri memang memiliki karakter tikungan kanan yang lebih banyak, bumper juga ada di trek ini dan dari segi aspal juga berbeda dari tahun 2013 yang lalu, kondisi aspal jauh lebih baik, dan suhu udara saat balapan berlangsung juga berpengaruh terhadap kondisi ban.

Masao Azuma , Chief Engineer  Bridgestone menjelaskan : “Kondisi Lintasan balap saat ini jauh lebih baik dibandingkan tahun 2013 yang lalu, dan saat balapan berlangsung cuaca juga dingin, oleh karena itu kami mengharapkan menggunakan ban slik dengan kompon yang keras, namun dari beberapa pabrikan hanya satu yang menggunakan kompon keras, yaitu Tim Repsol Honda, dimana Marquez  menggunkan ban kompon keras pada bagian belakang.”

Disisi lain sirkuit ini menunut beberpa tikungan ke kanan yang membutkan speed yang tinggi sehingga bagian ban kanan akan lebih cepat abrasi, karena ban ini kami develop dengan beberapa material kimia yang sudah kami sesuaikan dengan kondisi lintasan sirkuit. Cuaca disini juga berpengaruh karena sebelum balap sempat terjadi hujan, dan cuaca dingin, selain faktor teserbut banyak faktor lain seperti gaya riding dan karakter mesin, oleh karena itu banyak para pembalap yang mempertimbangkan menggunakan ban slik dengan kompon medium” ungkap Masao Azuma.

Dari 23 starter MotoGP Austin, 22 di antaranya pakai ban belakang bekompon sedang-sedang saja (medium tyre) saat race. Hanya satu yang pakai hard tyre (keras) yaitu sang juara, Marc Marquez. Itu salah satu bukti taktik penguasaan motor dan sirkuit yang cerdas dari Marquez.

Jadi bukan sebuah politik kotor dimana banyak muncul anggpan bahwa ban yang digunakan Marc Marquez lebih special dan berbeda dari pembalap yang lainnya. (Rdx13)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s