MOTOGP RACE KE 3 DI SIRKUIT BARU ARGENTINA TANTANGAN BAGI BAN BRIDGESTONE DAN PARA PEMBALAP

ImagePutaran MotoGP seri ke 3 akan diselenggarakan di Sirkuit The Rio Hondo Argentina. Sirkuit ini masih awam dan belum banyak dikenal oleh para pembalap. Karakter sirkuit ini jauh berbeda dengan sirkuit yang pernah ada. Memiliki panjang lintasan 4.8 Km dengan 9 tikungan kanan dan 5 tikungan kekiri, dimana tikungan ini rata-rata tikungan tajam dan high speed. Untuk itu pihak pemasok ban Bridgestone sangat dipusingkan oleh sirkuit ini. Dengan banyaknya tikungan yang menuntut speed tinggi otomatis suhu ban akan segera memanas dan terkikis.

Sirkuit The Rio Hondo memiliki 9 tikungan kanan dan 5 tikungan kiri, setiap sudut tikungan akan menghasilkan kecepatan yang maksimum, namun sudut tikungan kekiri menuntut lebih cepat, sehingga dipridiksi ban sisi kiri akan cepat habis dan terkikis. Kabarnya pihak Bridgestoe akan menyiapkan ban yang berbeda bagi Tim Pabrikan dan Tim Open Class. Yamaha akan menggunakna ban slick dengan kompon keras dan Medium. Sedangkan Ducati akan  menggunakan ban slick dengan kompon soft dan medium.

Bridgestone memiliki keterbatasan data, dimana tahun lalu pernah melakukan test disirkuit ini bersama dengan pembalap Stefan Bradl, Cal Crutchlow dan Alvaro Bautista.


Image

Untuk MotoGP akhir pekan ini Pihak suplier ban Bridgestone akan menwarkan banyak pilihan ban namun Ban depan mendapatkan perhatian lebih khusus agar keamanan para pembalap lebih terjamin. Ban depan dengan kompon special dan ban belakang adalah ban slick dengan kompon Lembut, Medium dan Keras, hanya disirkuit ini Birdgestone menawarkan 3 varian kompon ban, jika disirkuit lain Bridgestone hanya menawarkan 2 pilihan ban.

Image

Hiroshi Yamada , Manager, Bridgestone Motorsport Department , menyatakan ” Dari perspektif balap , tidak ada tim pabrik diuji di sirkuit ini tahun lalu sehingga akan menarik untuk melihat mana pengendara dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan sirkuit yang sangat cepat ini . Akhir pekan ini akan menjadi salah satu hari yang sibuk bagi insinyur kami karena mereka akan bertugas membantu tim mendapatkan hasil yang terbaik untuk ban yang cocok bagi sirkuit ini.”

Selain faktor ban, faktor skill pembalap dan siapa yang mampu beradaptasi dengan cepat maka dia akan menjadi sang juara. Tantangan bagi Riders dan Suplier Ban, Birdgestone. (Rdx13)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s