INDOPRIX 2014 KELAS 150CC CUMA ADA 9 STARTER, SEMUANYA SATRIA FU NYELIP 1 MOTOR VIXION

ImageHari ini Sabtu 26 April 2014 kelas perdana 150cc resmi dibuka dan digelar oleh IMI setelah jadwalnya molor dan tarik ulur karena adanya serangkaian Pemilu tahun ini di Indonesia. IMI telah merumuskan formula regulasi tahun lalu dan saat ini baru benar-benar dibuka kelas 150cc, banyak kabar yang memprediski jika kelas ini bakalan ramai karena kabar diarena balap tak resmi sudah saling adu argumen dan saling klaim menjadi yang tercepat dikelas 150cc. Nah sekarang sudah ada wadah resminya diajang IP 150cc tahun 2014, ajang yang sah sebagai pembuktian dan akan diakui oleh dunia.

Ramainya rumor mengenai balapan 150cc ini tak selaras dengan fakta dilapangan saat seri perdana dimulai dengan Free practice. Pada kenyataanya kelas ini sepi peminat, total hanya ada 9 starter dan hanya Suzuki yang benar-benar siap terjun dikelas 150cc dengan menurunkan 8 pembalap, tentunya dengan motor andalan mereka Satria FU. Hanya ada satu  pembalap selain Suzuki yaitu Hendra Rusbule dengan Yamaha Vixion dari team privateer dibawah payung team Daytona Proven Performance asal Jawa Barat. Nah kemana tuh motor yang berkapasitas mesin 150cc yang lainnya seperti CB150R, CBR 150, Byson, bahkan Honda Verza.

ImageRupanya Suzuki benar-benar siap terjun dikelas 150cc melihat banyaknya pembalap yang mencapai 8 motor, andalan utama Tim Suzuki adalah Rider jebolan Moto2 Rafid Topan asal DKI Jakarta dibawah naungan Suzuki Faito Evalube KYT Rafid Topan Racing Team, andalan kedua adalah Harlan Fadilah asal DKI Jakarta juga yang bernaung dibawah Suzuki Nissin Pikoli R9 KYB Harlan Fadilah Racing Team dan yang ketiga adalah Ocvan Irvana dari Suzuki Felix Racing Team asal Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Dari hasil Free Practice (FP) pertama sampai ketiga rata-rata waktu tempuh dan best lap belum mampu memecahkan rekor dikelas bebek 110,115cc maupun 125cc,dari seluruh hasil FP 1,2,3 catatan waktu tempuh dalam satu putaran masih jeblok jauh dibawah kelas bebek underbone, dari nama-nama besar pembalap nasional seperti Rafid Topan, Harlan, Ocvan Irvan, mereka rata-rata hanya mampu menempuh waktu tercepat 58 koma sekian detik. Jika dibandingkan dengan Kelas 125cc Bebek Underbone seperti Rey Ratukore dari TIM TJM yang mendapat dukungan dari Gir SINNOB produk lokal asal Indonesia dengan motor Jupiter Z1 Injeksi yang sore tadi tembus 55.998 detik dan menjadi Best Lap sekaligus mencatatkan rekor terbaru dan menjadi yang tercepat menempuh satu putaran di Sirkuit Carting Sentul Kecil Bogor, rekor tahun 2013 yang lalu dipegang oleh Sigit Pede dari Tim Yamaha Yonk Jaya dengan catatan waktu 57,845 detik dan Sudarmono 57.342 detik dari Yamaha FDR Trijaya.

ImagePerlu diketahui tahun ini seluruh tim dibawah bendera Yamaha beberapa motornya menggunakan Yamaha Jupiter Z1 Injeksi dan mekaniknya sudah dipercayakan kepada mekanik lokal Indonesia namun tahun ini masih tetap didampingi oleh sang arsitek Injeksi asal Jepang. Mekanik Jepang ini terlihat dilokasi paddcok rajin memantau dan memberikan arahan dan masukan, serta sering terlihat berdiskusi kapala mekanik masing-masing tim Yamaha.

Saat kondisi lintasan sirkuit kering dan cuaca panas Satria FU mampu menempuh waktu 57.490 detik oleh pembalap asal Sulawesi Selatan Andi Farhat dari Sidrap Racing Team itu terjadi saat FP ke 2. Catatan waktu ini sempat memperbaiki catatan waktu saat FP pertama 58.490 detik dengan kondisi lintasan yang sama. Namun saat FP 3 cuaca hujan lebat dan kondisi lintasan basah, seluruh catatan waktu Andi Farhat melorot ke 58.482 detik dibanding FP 2. Hal ini terjadi pada semua pembalap, lintasan basah ini menjadi kendala bagi team Daytona Proven Performance yang saat FP 3 keluar masuk pit sampai 3 kali untuk mencoba memperbaiki settingan motor.

ImageBerikut nama-nama pembalap dan team yang turun dikelas 150cc :

1. Rafid Topan  DKI Jakarta Suzuki Faito Evalube KYT Rafid Topan Racing Team

2. Harlan Fadilah DKI Jakarta Suzuki Nissin Pikoli R9 KYB  Harlan Fadilah Racing Team

3. Ocvan Irvana Kalsel  Suzuki Felix Racing Team

4. Andi Farhat Sulsel Sidrap Racing Team

5. Nico Julian Jabar R9 Sudco Picoli RK Racing Team

6. Faris Adi Pradana Jabar Jabrix WRX CP Racing Team

7. Hanung Ari Wibowo Jabar Jabrix WRX CP Racing Team

8.M Johan Tiranda Jabar Jabrix WRX CP Racing Team

9. Hendra Rusbule Jabar Daytona Proven Performance Racing Team

Kita lihat saja hasilnya saat final besok Minggu 27 April 2014 di Sirkuit Carting Sentul Kecil Bogor Jawa Barat, dan akan disiarkan langsung oleh Indosiar secara live pada jam 14.30 siang hari. (Rdx13)

ImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImageImage

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s