YAMAHA M1 LORENZO KEOK TOP SPEEDNYA LAWAN HONDA RC213V TUNGGANGAN MARQUEZ

ImageAkhirnya kita bisa menyaksikan suguhan pertarungan hebat yang mendebarkan dan tidak monoton atas gelaran MotoGP di Sirkuit Mugello – Italia Minggu kemarin (1/6). Karena pada race sebelumnya terlalu monoton atas dominasi si bocah ajaib Marquez dari Tim Repsol Honda. Kini Yamaha memiliki sejata ampuh untuk melawan dominasi Honda khususnya Marquez. Terlebih kehebatan Yamaha dengan Motor M1 nya sudah terlihat dan dibuktikan oleh Rossi dan Lorenzo. Rossi yang start dari posisi ke 10 mampu finish diurutan ke 3 dan Lorenzo mampu memberikan perlawanan sengit pada Marquez, namun sayang ketika trek lurus dan panjang top speed Yamaha memble dan berhasil disalip Marquez.

Saat ini performa motor Yamaha M1 sudah semakin apik dan menemukan settingan yang bagus, sehingga para riders mereka Rossi dan Lorenzo semakin percaya diri menatap sisa seri MotoGP selanjutnya, walaupun gelar juara dunia tiap dan hampir mustahil mereka bisa kejar. Karena performa Marquez bersama Motor Honda RC213V saat ini begitu cepat dan tak terkalahkan.

ImagePR terbesar Yamaha adalah membenahi sektor mesin khususnya soal top speed agar motor mampu berlari kecang saat trek panjang dan lurus, karena jika permasalahan ini kemarin sebelum balap bisa diselesaikan bukan hal mustahil Lorenzo mampu mempecundangi Marquez, bahkan jika Rossi tidak salah memilih ban saat sesi latihan resmi yang berakhir harus start dari posisi ke 10, maka Rossi dan Lorenzo akan medominasi balapan kemarin. Kemungkinan bisa terjadi karena Rasio Gir yang berbeda sehingga mengakibatkan top speed yang anjlok. Hal ini sedang dalam analisa Tim Yamaha.

Memang race Minggu kemarin tak ada kemenangan juara ke 1 di Mugello, namun kubu Yamaha dan Lorenzo layak senang dengan hasil di Sirkuit Mugello tersebut. Untuk kali pertama di sepanjang musim ini Lorenzo bisa memberi perlawanan sengit terhadap Marquez. Duel keduanya kemarin memang sangat seru, dengan berulang kali terjadi saling salip dan bahkan bersenggolan di atas motor. Khas motor besutan Yamaha ketika berada di sirkuit dengan tipikal banyak tikungan speed dan pendek maka Motor M1 lebih mudah dikendalikan dan speednya tetap stabil, tak jarang Honda sering keteteran, namun begitu trek lurus dan panjang, Yamaha jadi…keok.

“Kami melihat motornya telah membuat langkah maju, terutama saat melakukan pengereman, dan itu membuat Anda memiliki senjata untuk bertarung. Kami punya sedikit senjata sebelumnya, tapi kami punya lebih banyak dan dalam jenis yang berbeda,” papar Lorenzo di Marca.

“Motornya terasa enak, tapi kurang punya kecepatan dan itu mungkin bisa menjadi pembeda di atas lapangan yang membuat dia (Marquez) bisa mengejar dan melewati saya. Hal itu mengganggu konsentrasi Anda karena Anda tahu (saat berada di posisi terdepan) dia akan menyalip lagi,” lanjut pemilik dua gelar juara dunia itu.

ImageHal senada juga diungkapkan oleh Rossi,

“Kami sudah menemukan setelan yang cukup bagus dan saya merasa nyaman di atas motor, motornya pun sudah cukup kencang,” kata Rossi dikutip Crash.

“Saya memang di belakang Marc, tapi tidak terlalu jauh. Jarak sesungguhnya antara saya dan Marc adalah di lap terakhir ketika saya mencatatkan satu menit 48.500 dan dia punya satu menit 48.400,” lanjutnya.

“Karena saat dia berhasil mencatatkan satu menit 48.000, dia mendapatkan keuntungan slipstream dari Iannone yang membantunya. Tapi dia memang di depan dan punya laju bagus, tapi kami dekat,” demikian pria 35 tahun ini.

Kita tunggu saja Bro hasil kerja keras para mekanik dan insinyur Yamaha dalam mengatasi masalah Top Speed, dan kita lihat hasilnya di Race selanjutnya….di Circuit de Barcelona-Catalunya – Catalunya (Rdx13)

Image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s