INI DIA ALASANNYA MOTOGP DIGELAR HARI SABTU KHUSUS DI ASSES SIRKUTI BELANDA……TERNYATA ALASAN AGAMA BRO…SALUTT….

 paddock_girls_yamaha_tech3_motogp-20140513-003-editor

Ajang balap motor Grand Prix akan kembali digelar di Sirkuit Assen, Belanda, Sabtu 28 Juni 2014. GP Belanda hingga saat ini masih menjadi satu-satunya seri Grand Prix yang digelar hari Sabtu. Kenapa GP Belanda selalu digelar Sabtu?Seperti dilansir situs resmi MotoGP, Assen merupakan satu-satunya sirkuit yang selalu menggelar ajang balap Grand Prix sejak 1949. Bahkan, balap motor di Assen sudah digelar sejak 1929. Namun, ketika itu masih digelar di jalan raya Rolde.

Ada satu hal yang menarik dari setiap perhelatan GP Belanda. Jika seluruh seri balap Grand Prix digelar Minggu, lain halnya dengan GP Belanda. Sejak kali pertama menggelar balapan Grand Prix pada 1949, hingga kini GP Belanda selalu digelar pada Sabtu keempat bulan Juni.

Kenapa Sabtu? Seperti dilansir Moto Matters, GP Belanda selalu digelar Sabtu karena alasan keagamaan. Sejak dulu, wilayah Assen didominasi kelompok sekte Kristen Protestan, yang melarang aktivitas di luar gereja pada hari Minggu. Terlebih, di dekat Sirkuit Assen terdapat sebuah gereja.

Karena alasan keagamaan tersebut, GP Belanda sering disebut sebagai “The Cathedral” ajang balap motor. Tradisi menggelar balapan Grand Prix di hari Sabtu dipertahankan hingga saat. Menariknya, ajang balap Superbike digelar di Assen pada hari Minggu.

“Alasan kenapa dilangsungkan pada Sabtu karena ada gereja dekat area start-finish. Majelis kota tidak ingin ada situasi di mana orang tidak bisa ke gereja pada hari Minggu, karena semua jalan ditutup buat lomba. Itulah kenapa balap dilangsungkan pada Sabtu. Buktinya tetap sukses, jadi kami melanjutkan balapannya hari Sabtu,” ujar race secretary Assen 1970-2006, Egbert Braakman.

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s