YAMAHA KEBAKARAN JENGGOT KARENA ‘SUNATAN” R25…BERANIKAH DITEST ULANG R25 MASS PRO DITEMPAT NETRAL?

dayono

Klaim seorang konsumen tentang tenaga motor Yamaha YZF-R25 miliknya berbeda dengan versi tes di Tabloid Otomotif, mulai ramai dibicarakan. Berawal dari Leopold melalui akun blog pribadinya http://www.7leopold7.com, yang mengeluhkan tenaga motor drop 2 dk dan sedikit kecewa dengan hal itu.

Dimana hasil tes yang didapat Tabloid Otomotif adalah tenaga maksimal didapat 29.21 daya kuda dan torsi 19.09 (data dari http://www.7leopold7.com). Sementara data dari http://www.otomotifnet.com adalah tenaga maksimal 29,43 dk pada 12.100 rpm dan torsi 19,2 Nm pada 10.200 rpm. Sedangkan data tes Leopold sendiri adalah 27.63 dk pada 10.500 rpm dan torsi hanya 18.67.

Meski PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah memberikan jawaban awal, namun manufaktur berlogo ‘garpu tala’ tidak ingin ini menjadi simpang siur. Melalui M. Abidin GM Service & Motorsport YIMM pun memberikan penjelasan lanjutan tentang beda hasil tes konsumen dengan tes dari Tabloid Otomotif.

“Menjawab pertanyaan issue  ini, penurunan horse power adalah hal yang wajar jika masih berada diantara 2 dk, banyak hal yang mempengaruhi perbedaan tersebut. Jika menginginkan horse power yang sama pastikan beberapa hal berikut, yaitu 4M + 1 E. Faktor Manusia, Machine, Material & Method + Environtment,” ungkap M. Abidin.

“Faktor Manusia, pastikan cara pengoperasiannya standard dan sesuai, juga dilakukan orang yang sudah terlatih. Faktor Machine, mesin dynojet yang digunakan untuk mengukur high quality measurement tools. Memiliki reliability yang baik dan di maintenance dengan baik jika sering digunakan.”

“Faktor Material, dalam hal ini motor yang dipakai untuk tes, harus dalam kondisi yang sama. Artinya masih baru, pastikan KM nol benar-benar fresh dari final inspection & setting motor juga harus sama. Kemudian Faktor Metode, tata cara sesuai metodologi yang tepat. Artinya ada standardisasi yang dipakai oleh pemerintah setempat.”

“Faktor terakhir adalah Faktor Environment atau lingkungan, suhunya harus sama. Kalau di pabrik kami melakukan tes dynojet, suhu rata-rata adalah 20 derajat celcius. Pastikan kondisinya sama saat tes serta berada di ruang tertutup. Jika semua persyaratan ini terpenuhi maka kita baru bisa menarik kesimpulan.”

Abidin menambahkan bahwa selama ada salah satu hal saja yang tidak terpenuhi dari 4 faktor di atas, hasilnya pasti akan berbeda. Belum lagi jika melakukan pengetesan pada mesin dynojet portable yang bisa dibawa ke mana-mana. Deviasi pasti akan besar, karena banyak faktor yang berpengaruh.

Data resmi power Yamaha YZF-R25 yang dirilis YIMM :
Daya maksimum : 26,5 kW (36 PS) pada 12.000 RPM
Torsi maksimum : 22,6 Nm pada 10.000 RPM

Sanggahan oleh pihak YIMM begitu canggih dengan data dan teknis mesin dyno dan masuk diakal, namun beranikah jika kita test ulang 10 motor Mass Pro ditempat Netral, dengan alat yang sama, dan dibeberapa tempat yang sering digunakan untuk rujukan dyno, agar masyarakat atau konsumen lebih percaya akan performa Yamaha R25.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s