GOOGLE CIPTAKAN MOTOR MASA DEPAN TANPA PENGEMUDI ALIAS KEMUDI OTOMATIS

Motor GoogleSetelah terbilang sukses dengan hasil uji coba Mobil tanpa pengemudi dengan system auto driver, nampaknya Google sangat serius melakukan pengembangan pada dunia otomotif. Penjajakan selanjutnya adalah kendaraan roda dua. Google terdekteksi telah melakukan uji coba motor tanpa pengemudi/rider.

Informasi yang kami peroleh dari Visordown, Sabtu (16/8/2015), raksasa search engine yang berbasis di Mountain View, California, Amerika Serikat (AS) itu diketahui telah mengajukan permohonan izin kepada pemerintah setempat guna menguji sepeda motor rideless mereka di jalanan umum. Motor yang diuji coba masih dalam bentuk prototype namun anehnya otodometer motor tersebut telah mencapai jarak tempuh 1 juta Km.

Motor tanpa kemudi ala Ghost Rider ini tak lain hasil kejeniusan seorang insinyur Google sendiri, yaitu Anthony Levandowski. Pada Januari lalu, nama Levandowski juga turut mencuat setelah keterlibatannya dalam proyek Boston Dynamics.

Adapun, sepeda motor rideless tersebut dibekali berbagai komponen. Komponen tersebut antara lain mekanisme penyeimbang dan kemudi otomatis yang tak membutuhkan pengoperasian langsung dari seorang manusia.

Di samping pengajuan izin pengujian sepeda motor ‘hantu’, Google juga dikatakan tengah meminta perpanjangan izin untuk uji coba mobil otonomos mereka, termasuk pada varian baru berupa truk.

“Memang, pengujian kendaraan otonomos kami tengah menyasar jenis yang lebih luas, termasuk sepeda motor dan kendaraan komersial,” ujar Ron Medford, Direktur Keamanan Google, untuk program mobil self-driving mereka.

“Meskipun Google belum melakukan pengujian, kami yakin bahwa melakukan tes pada kendaraan masa depan sudah bisa mencakup sepeda motor dan kendaraan komersial, seperti truk. Jika beberapa inovator dapat menunjukkan bahwa pengujian kendaraan tersebut aman, maka mereka harus mendapatkan izin,” jelas Medford.

“Jika beberapa inovasi pada teknologi otonomos kami dapat membuktikan kendaraan self driving aman, maka kami berhak diizinkan untuk terus melakukan pengujuan,” tuntas Ron.

Sepeda motor robot memang bukan hal yang baru, karena teknologi ini telah dikembangkan selama beberapa tahun terakhir. Sepeda motor otonomos milik Google ini menggunakan kode nama Ghostrider, dan sudah mencatat kemajuan yang signifikan.

Dari informasi motor tanpa awak Google tidak mempublikasikan mengenai data mesin dan bahan bakar, pihak Google sendiri masih menutupi informasi tersebut. Katanya semua masih serba rahasia.

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s