NAIK MOTOR TANPA JAKET AWAS PENYAKIT TBC DAN PARU-PARU BASAH SIAP MENGINTAI NYAWA ANDA!

260789_bikers-nakal-_663_382Sering kali kita melihat beberapa pengendara motor tanpa jaket atau lebih extrim hanya mengenakan kaos singlet alias kos lengan bunting. Ternyata dampak yang ditimbulkan oleh angin dan udara kotor yang menimpa tumbuh pengendara motor jauh sangat berbahaya. Penyakit ispa atau TBC, Paru-paru basah dan penyakit seputar gangguan pernapasan akan mengintai. Apa usahsahnya sih menggunakan piranti keselesamatan seperti jaket, toh selain membuat kita terlihat macho, badan kita juga akan terhindar dari aneka macam penyakit. Simpelnya sih kulit kita ga akan hitam akibat sengatan matahari. Selain itu padahal, ada beberapa bagian tubuh yang penting untuk dilindungi dari angin, debu, dan kotoran ekstrim.

Kendati terbilang penting, namun masih kerap kita jumpai sejumlah pengendara motor yang ogah menggunakan jaket saat “wara-wiri” di jalan raya. Jika melihat dari segi kemampuan daya beli pastilah para pengendara motor mampu membeli karena saat ini banyak tersedia jaket yang murah dan terjangkau.

“Badan pengendara, terutama pada bagian lingkaran leher dan dada harus tetap terlindungi dari terpaan udara. Ini penting,” terang seorang dokter yang bertugas di Kopassus Cijantung, Dr. Kapten Edy Gogon, dalam keterangan tertulis Astra honda Motor (AHM), Rabu 16 Juli 2014.

3-1-09-141Dikatakan Edy Gogon, jika jaket masih saja diabaikan saat pengendara dalam waktu yang lama, dampak serius akan menimpa tubuh sang pengendara bandel tersebut.

“Volume udara sedikit apa pun harus selalu diantisipasi, apalagi pengendara motor yang langsung berhadapan dengan angin dan debu saat berkendara. Karena bila tidak terlindungi, lama kelamaan akan berdampak serius pada sistem paru-paru, lebih dekatnya akan mengalami paru-paru basah dan lebih jauh akan mengalami TBC, dan gangguan sistem pernapasan,” jelasnya.

Ia pun menyarankan agar para bikers dapat menggunakan jaket yang sesuai dengan jarak tempuh yang akan ditujunya. Seperti untuk jarak dekat dapat menggunakan sweater, jarak menengah menggunakan jaket parasut dengan lapisan tertentu. “Kalau untuk touring atau perjalanan jauh, pengendara harus menggunakan jaket dengan komposisi bahan lebih kuat atau berserat,” terangnya.

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s