CAIRAN SETAN PERUSAK KUNCI MOTOR ITU BERNAMA AQUA REGIA BIASA DIGUNAKAN DI PERTAMBANGAN

Cairan setanMasih lanjutan tentang para pencuri motor yang menggunakan cairan setan aka cairan perusak kunci. Informasi yang telah dirilis oleh detik.com mengabarkan jika cairan itu bernama Aqua Regia dan biasa dipakai di dunia pertambangan. Ini harus diwaspadai semua pemilik motor. Sebab berbekal cairan kimia bernama Aqua Regia para pencuri motor bisa membobol motor yang digembok sekalipun.

“Kalau cairan ini biasanya digunakan di industri tambang, seperti tambang emas atau tambang lainnya,” kata Peneliti Utama Pusat Penelitian Kimia LIPI Dr Linar Zalinar Udin kepada detikcom, Rabu (27/8/2014).

Linar mengatakan, penggunaan cairan ini di industri tambang karena zat tersebut bisa melarutkan logam. Bahkan emas yang sangat sukar dilarutkan pun bisa larut oleh cairan ini. “Emas yang sudah larut saja bisa larut apalagi bahan-bahan lainnya,” katanya.

Meski sangat korosif terhadap logam, cairan ini masih bisa disimpan di gelas kaca gelap dan juga plastik tahan panas. “Carian ini tidak melarutkan gelas, hanya ke logam saja,” katanya.

Sebelumnya, situs Humas Polres Bantul melansir bahaya ‘cairan setan’. Polisi mengimbau agar pemilik motor bisa menambah gembok atau alat pengaman lain pada kendaraannya. Modus baru ini bisa dilakukan dengan cepat tanpa menimbulkan kecurigaan. Sedangkan polisi Jakarta menyebut modus itu belum pernah terjadi di Jakarta.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s