MEMBEDAH JEROAN MESIN CBR150R VERSI LOKAL….APA BEDANYA DENGAN MESIN CB150R?

HondaCBR150RlokalokHonda akan segera meluncurkan produk terbaru mereka dikelas 150cc sport fairing, motor ini diciptakan untuk menggedor Yamaha R15 yang telah lebih awal meluncur dipasaran Indonesia dan mampu menjadikan profit penjualan yang besar. Tidak salah jika Honda kemudian segera membuat tandingannya agar harga terjangkau oleh konsumen otomotif. Sebaran Spyshot sudah beredar luas di jejaring sosial dan media online dan blogger. Nah apa sih bedanya dapur pacu motor jagoan Honda ini dengan CB150R? Banyak pertyanyaan seputar mesin ini, karena disinyalir harganya akan berkisar antara 30 jutaan dan dibawah angka tersebut.

Kita awali membahas tentang rangka, informasi yang kami perloleh rangkanya bukan lagi menggunakan semacam DeltaBox namun akan menggunakan tralis seperti model pada CB150R street fighter. Namun akan ada penyempurnaan pada sektor Pro-Link agar suspensi makin nyaman, dan hal ini untuk mengantisipasi kasus pada motor CB150R street fighter yang beberapa bulan yang lalu mengalami masalah pada sekor itu. Efek dari penyempurnaan Konstruksi ini akan memberikan keunggulan diantaranya memiliki bantingan lebih lembut, stabil dan nyaman di kecepatan tinggi.

Lalu kita melihat bagian mesin, rumor yang berkembang adalah menggunakan mesin CB150R street fighter . Mesin DOHC single-silinder 150cc. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi 6-speed. Namun ada modifikasi pada fitur O2. Jika versi lama sensor O2 ada di silinder head, sedang pada CBR150R buatan Indonesia 02 sensornya diletakan di leher knalpot. Sedang area kepala silindernya masih tetap sama.Sama-sama menggunakan cairan pendingin untuk mendinginkan mesin.

cb150r_cutting_2Untuk mesin agar enak digunakan tiap hari, katanya sih mesin ini disesuaikan dengan kondisi lalulintas perkotaan yang rata-rata di negara kita sudah macet. Ada beberapa pirantai disesuaikan salah satunya khususnya pada mesin yaitu mengubah durasi camshaft tipe DOHC nya atau bukaan noken as. Klep masuknya tetap sama, namun klep pembuangannya dibuat lebih lama membukanya hal ini sudah diaplikasi pada motor CB150R. Klep ex Honda CB 150 R membuka sebesar 35 derajat sebelum TMB dan menutup sebesar 5 derajat sebelum TMA. Pada Honda CBR 150 R, klep ex membuka sebesar 30 derajat sebelum TMB dan menutup sebesar 0 derajat sebelum TMA. Langkah ini dilakukan agar torsi dan tenaga puncaknya terasa lebih bagus di putaran mesin yang lebih rendah serta membuat mesin agar selalu dingin. Yang terakhir agar menunjang performa motor maka final gir depan dan belakang juga akan mendapatkan rubahan, bias jadi ada menggunakan rasio 13: 44T.

 Sumber foto : Wak haji Taufik aka TMCblog.com

Iklan

3 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s