PERINGATAN NIH BAGI PENGGEMAR DAGING MENTAH ALA JEPANG “SUSHI DAN SASHIMI” CACING PITA MASIH BISA HIDUP DALAM TUBUH MANUSIA

027843200_1411613772-rontgen_3Kabar buruk tentunya bagi penggemar makanan daging mentah ala Jepang Sushi dan Sashimi, Pria Cina ini menjadi korban cacing pita. Tubuhnya digerogoti cacing pita dan menjadi sumber penyakit. Pria China yang tak mau disebut namanya ini sangat hobi makan Sushi dan Sashimi, wal hasil tubuh bagian dalam khususnya perut merasa sakit yang luar biasa. Setelah ke Dokter dan chek up, ternyata hasil scannya menunjukkan bahwa seluruh tubuh bagian dalam banyak hidup cacing pita.

Dokter yang melakukan pemindaian pada tubuh pasien, menemukan kodisi horor: cacing pita memenuhi badan pria tersebut setelah ia kebanyakan makan sashimi, makanan ala Jepang berupa irisan daging ikan mentah. Dokter yakin, ikan mentah yang dikonsumsi penderita telah terkontaminasi. Pasien akhirnya dirawat di Guangzhou No. 8, Rumah Sakit Rakyat di Provinsi Guandong di China timur. Sejumlah penelitian menunjukan, mengonsumsi ikan mentah atau yang tak matang bisa mengakibatkan berbagai infeksi parasit.

Informasi ini sempat heboh di Negeri tirai bambu tersebut, dan diberitakan oleh Daily Mail dan Jurnal Canadian Family Physician. Infeksi cacing pita terjadi setelah pasien menelan larva diphyllobothrium, yang ditemukan pada ikan tawar seperti salmon, meski yang sudah diasinkan atau diasap. Salmon lahir di perairan air tawar, bermigrasi ke lautan, lalu kembali ke air tawar untuk bereproduksi. Kasus infeksi cacing pita diketahui meningkat di area-area miskin dengan sanitasi yang buruk. Namun, hal serupa juga ditemukan di negara maju. Diduga, peningkatan kasus di negara maju diakibatkan makin meningkatnya popularitas sushi dan sashimi.

015416800_1411613472-rontgen_2Nancy Craig berkomentar : “Makanan populer lain juga mungkin terkait, seperti filet (ikan) mentah yang diasinkan — yang berasal dari Baltik atau Skandinavia. Juga carpaccio — ikan atau daging mentah super-tipis yang biasa disajikan di Italia, salmon mentah, dan atau ceviche yang direndam cairan garam yang tak terlalu asin.”

Pernyataan tersebut makin diperkuat oleh Dr Yin dari Rumah Sakit Guangzhou No. 8 dalam situs that’smags.com mengatakan bahwa makanan yang terkontaminasiĀ  telur cacing pita bisa menyebabkan cysticercosis — kondisi ketika cacing dewasa masuk ke aliran darah seseorang.

So Jadi lebih hati-hati dan mikir-mikir lagi bro ketika anda akan makan Sushi atau Sashimi. Agar tubuh anda tetap sehat.

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s