MOTOGP : STONER LAKUKAN TEST NEW HONDA RC213V VERSI 2015 SEKALIAN UJI COBA BAN MICHELIN

stoner_aw2q8875_slideshowCasey Stoner dipilih lagi oleh Honda Racing Corporation (HRC) untuk melakukan uji coba motor Honda RC213V, pengetesan dilakukan di Motegi Jepang. Jelang musim MotoGP 2014 berakhir yang hanya tersisa 1 seri di Valencia dan Juara Dunia juga telah diraih oleh si Baby Alien Marc Marquez #93. Namun Pabrikan Honda di bawa HRC telah menyiapkan motor terbaru mereka dengan tipe yang sama Honda RC213V namun jeroan mesin dan beberapa part sudah diganti demi mendapatkan settingan yang terbaik bagi karakter Marquez dan Pedrosa. Settingan difokuskan pada speed motor saat berada pada tikungan cepat, karena RC213V saat musim 2014 masih kalah dengan para kompetitornya khususnya Yamaha saat berada pada tikungan cepat. Kecepatan Honda RC213V saat ini mulai bisa dikejar oleh Yamaha M1 yang dibetot oleh Rossi dan Lorenzo.

Sang tester pun bukan orang sembarangan, HRC memilih Casey Stoner sebagai seorang riders tester karena sudah terbukti ampuh dalam memberikan masukan dan menganalisa motor dari segi kelemahan dan keunggulan. Mantan juara dunia MotoGP sebanyak 2 kali 2007 dan 2011, ini memang tepat menjadi pilihan HRC. Hal ini terbukti pada musim 2014 ini motor yang saat ini digunakan oleh Marquez dan Pedrosa adalah hasil tester Casey Stoner. Dalam pengetesan ini Stoner memiliki dua misi. Misi pertama pengujuan motor dengan ban Brigestone yang disesuaikan dengan karakter Marc Marquez dan Misi kedua menguji untuk karakter Pedrosa, baik dengan ban Brigestone maupun ban Michelin. Uji coba dengan ban berbeda ini penting karena musim 2016 mendatang Michelin akan menggantikan ban Bridgestone.

Namun sangat disayangkan hasil dari test ini tidak satupun dibukan kepublik, mengenai data kecepatan atau top speed per lapsnya. Hal ini wajar dan bisa kita maklumi karena pengetesan ini biasanya hasilnya sangat dirahasiakan guna kepentingan internal HRC.

Usai test selasai sang testerpun memberikan komentarnya sebagai berikut : “Sudah satu tahun saya tak mengendarai RCV sama sekai namun hal ini tak membuat saya kaku dalam riding. Saya menggunakan set-up mesin Marc dan Dani. Kemudian mendalami semua sisi, satu demi satu. Spek mesin 2015 juga saya coba. Saya hanya jalankan test untuk mengumpulkan data. Test berlangsung positif dan saya senang menjalankannya,” ujar Stoner

Dibalik hasil test tersebut Stoner menemukan beberapa hal unik dan menonjol pada motor RCV yang terbaru ini. Widih…..lalu kapan nih Yamaha lakukan hal serupa. Honda RC213V yang ditest oleh Stoner tetap menggunakan seamless shift gearbox, dan adapula yang tidak menggunakan Gearbox tapi sudah mulai gunakan pneumatic valve. (Rdx13)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s