HONDA MOOVE DENGAN ENGINE ESP TELAH LAHIR DI THAILAND, INDONESIA SEGERA MENYUSUL DENGAN MATIC BEAT 2015 NANTI

1n-oTahun 2015 tinggal beberapa bulan lagi, namun pihak Pabrikan motor baik Honda dan Yamaha telah menyiapkan senjata mereka untuk saling beradu ditahun depan. Perang antara motor matic nampaknya akan semakin sengit diantara kedua pabrikan ini. Yamaha akan mengusung mesin terbaru mereka yang diberi nama “Blue Core dan Honda tak mau ketinggalan dengan membuat mesin matic dengan teknologi mesin ESP (Enhanced Smart Power).

Nah jika Honda mengawali di Thailand dengan merilis Motor Matic bernama Moove yang berkapasitas 110cc dan bisa dipastikan akan diboyong ke Indonesia sesuai tradisi dari Honda. Matic Moove ini akan mengusung nama beken yang telah ada, yaitu Matic Beat. Matic ini yang akan disematkan mesin ESP. Begitu juga Yamaha yang diam-diam telah mengembangkan Matic terbaru mereka di Indonesia dan telah memulai pengetesan. Mesin yang digunakan adalah teknologi Blue Core yang dipamerkan perdana di IMOS 2014 beberapa waktu yang lalu.

Lalu seperti apa sih mesin terbaru matic untuk Honda Moove ini? Konon kabarnya Mesin yang akan digunakan ini adalah mesin ESP. Mesin pintar dari honda ini mampu meningkatkan tenaga dari mesin. Mesin  ini secara sederhanannya begini, mesin ESP hanya membutuhkan bukaan gas yang sedikit namun motor sudah mampu bergerak kencang. Tak perlu RPM yang tinggi untuk memancing motor ini bergerak cepat. Sehingga efeknya jika putaran mesin tak terlalu banyak maka onderdil jeroan mesin juga akan awet dan BBM juga akan hemat. Pas kan teknologi ini hadir disaat BBM Non subsidi lagi naik. Karena di Thailand sana Honda mengklaim bahwa motor matic Moove mampu menempuh jarak 63km/liternya. Hemat bukan!

Namun pihak Honda Thailand belum secara resmi mengeluarkan informasi mengenai power motor ini.  Tapi jika jika merujuk pada mesin Matic yang menggunakan SOHC dan berinjeksi PGM-Fi maka bisa kita tebak kapasaitas mesin hanya dikisaran 108.2 cc dari hasil bore 50mmx stroke 55.1mm. Sedangkan Honda Matic Beat sekarang ini berkapasitas mesin 110cc, menggunakan mesin bersih 108cc dari bore 50mm x stroke 55.mm.

Perbedaan Hanya beda 0,2 cc. Tapi ingat yang dibuat naik adalah angka pada stroke 0,1 mm. YPastinya akan berpengaruh pada torsi yang bisa didapat dengan mudah pada Rpm rendah. Nah inilah aplikasi pada mesin ESP yang diklaim pintar tadi. Jadi pengendara tak perlu memutar gas sampai tanganya kebawah dan pegel, cukup putar gas dikit motor dah lari kayak kuda liar. Kan beat yang sekarang juga sudah enak digasnya bro. Motor Matic Moove ini menggunakan kompresi 9.5:1 jadi kompresi ini naik 0.3 dibanding Matic Beat. Kompresi Moove lebih tinggi jika dijejali minuman Premium masih oke tapi akan lebih oke lagi jika pakai Pertamax atau Shell.

Untuk menunjung motor biar nyaman larinya Moove Matic ini menggunakan diameter velg Ring 12 dengan tapak ban lebih lebar. Ring 12 ini akan lebih nyaman karena sangat mendukung power motor yang jika digas sedikit sudah lari binal. Ukuran ban depan pakai ban 100/90 dan belakang 110/90. Ketebalan bannya ikut membantu redaman suspensi. Tapak lebar ini akan nyaman dan aman buat cornering. Jarang sekali matic di Indonesia yang menggunakan velg ring 12 karena dominasi pada umumnya pabrikan disini menggunakan velg ring 14.

Mooev Matic ini juga sudah dilengkapi dengan aneka piranti pendukung kenyaman berkendara atau saat anda parkir biar aman dari tangan jahil. Ada combi brake, Idle Stop System (ISS), starter ACG yang anti bunyi,  bagasi jok muat helm. Bagian body dan disain juga oke punya bisa dibilang makin demplon. Bagian depan menggunakan lampu depan LED modelnya tiga dimensi (Jet Liner). Di Thailand Harga sekitar Rp 18 jutaan lebih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s