SKUTER MATIC DARI KAYU DAN BAMBU HASIL KARYA SENI MAHASISWA IKJ

skuterkayu4inLuar biasa dan hanya bisa tersenyum manis ketika melihat hasil karya mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ini. Memodifikasi motor skuter dengan bahan kayu dan bambu. Sang kreator ini bernama bro Anas Rosyid, karya ini dibuat memang untuk menyelesaikan tugas akhir semacam skripsi gitu bro. Bro Anas Rosyik ini sedang studi di jurusan Kriya Kayu Fakultas Seni Rupa dan Desain di IKJ.

Perlu diketahui jika bro Anas ini juga pehobi motor khususnya motor skuter alias vespa. Karya ini dibuat berdasarkan hobinya didunia otomotif. Basic motor skuter yang dirombak adalah Skuter CPI Hussar yang bermesin 2 tak, 100cc.

Menutur penuturan bro Anas : “Karena saya hobi sama skuter jadi pengin buat skuter dari kayu dan sedikit kombinasi dengan bambu, tampilan motor kayu buatannya ini merupakan gabungan dari beberapa desain skuter jadul. Saya menggabungkan desain skuter dari tahun 1901 sampai 1940”.

Motor ini terlihat jadul dengan kombinasi warna kayu alami dan warna gold agak coklat tua. Bagian jok belakang dibuat kotak mirip dengan peti atau koper jaman dulu, terlihat jadul tapi klasik. Bagian lampu depan menggunakan lampu Sepeda Onthel jaman belanda. Bagian velg menggunakan velg racing model palang lima.

Pria kelahiran 11 Maret 1991 ini melanjutkan penjesannya “Skuter dari tahun 1901 banyak desain yang lucu. Ngambil yang unik-unik dari skuter 1901 sampai 1940, ngambil mesin, pelek depan belakang, fork sama shock braker. Sisanya improve sendiri”.

Bahan kayu dan jenis kayu yang digunakan Anas adalah kayu nyatoh dan kayu pinus. Kayu nyatoh diterapkan untuk kerangka motor. Masih menurut bro Anas, jenis kayu ini dianggap kuat. Sementara kayu pinus digunakan di beberapa bagian yang tidak mengangkut beban berat dan bobot motor juga tidak menjadi berat.

Unik memang karya Anas ini semoga dapat lulus dan mendapat nilai A, selain itu Anas juga medisain dan memodifikasi helm sebagai pasangan untuk motor ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s