MENGENAL JEROAN TEKNOLOGY ESP DARI HONDA

_MG_1644Perang teknologi nampaknya sudah mulai lagi antara Honda dan Yamaha. Khusus di segemen matic antara Mio MT3 dengan Vario ESP yang sama-sama mengusung teknolgi baru dan diklaim paling irit dikelasnya. Yamaha lebih awal menggegerkan pasar matic lalu tak lama disusul oleh Honda. Honda memperkenalan dengan All New Vario 125 ESP dan 150 ESP minggu lalu (14/1) dibilangan Senayan City Jakarta Selatan.

Lalu apa sih ESP itu? Soban yang baik ESP adalah kepanjangan dari “Enhanced Smart Power”, Teknologi ini adalah rangkaian mesin generasi terbaru model skuter matic global milik Honda,” jelas Sarwono Edhi, Tech. Training Develelopment AHM. Rencana kedepan seluruh mesin Honda Khususnya matic akan menggunakan teknologi ini.

Nah agar lebih paham yuk kita baca apa saja yang terdapat dalam komponen ESP ini :

1. ACG Starter
Teknologi yang berfungsi untuk mengurangi gesekan, sehingga menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, sekaligus mendukung fungsi fitur ISS (Idling Stop System). Nah ingetkan jika matic Honda seperti Honda Beat ketika distater akan berbunyi kasar “bletak” nah sekarang sudah tidak akan ada lagi bro bunyi seperti itu.

2. Offset Cylinder
Berfungsi untuk mengurangi gesekan antara piston dan silinder, dengan mengatur ulang posisi silinder dan crankshaft.

3. Roller Type Rocker Arm
Menggunakan Shell type Needle Bearing sebagai poros, sehingga dapat mengurangi gesekan dan mengurangi beban pegas katup.

4. Spinny Sleeve
Tekstur berduri dinding silinder yang menjaga bentuk lingkaran dengan sempurna, sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainnya.

5. Squish
Berfungsi agar pengapian lebih baik dan pembakaran lebih cepat.

6. Tumble
Berfungsi agar penyebaran bahan bakar yang merata dan menjadikan pembakaran lebih baik.

Mesin eSP ini juga ada teknologi pendukungnya lagi lho, bradsis:

1. Teknologi PGM-FI

Sistem suplai bahan bakar dengan menggunakan sistem semprot hampir setipis kabut, sehingga pemakaian bahan bakar bisa lebih efisien dan ramah lingkungan.

2. Teknologi CBS (Combi Brake System)

Dengan menarik tuas rem kiri, maka rem belakang dan depan dapat berfungsi bersamaan dan pengereman pun jadi lebih optimal.

3. Teknologi ISS (Idling Stop System)

Teknologi yang dirancang untuk mengurangi emisi dan konsumsi bahan bakar saat kondisi berhenti. ISS akan mematikan mesin motor secara otomatis apabila kita berhenti selama 3 detik, dan untuk menyalakan mesin hanya dengan memutar sedikit tuas gas.

”Teknologi ESP ini akan menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang. Dengan teknologi ini, maka motor matik Honda akan menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performa kendaraan yang tinggi pada saat berkendara,” tambahnya.

So jadi makin kenal kan sama yang namanya teknolog terbaru dari Honda yang disebut dengan ESP.

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s