MOTOR LISTRIK BUATAN ITS SIAP DIPASARKAN OLEH GARASINDO

3

Konsep motor matic berbasis daya listrik sebagai bahan bakar, akan segera dijual, hak penjualan motor ini dipegang oleh Garasindo. Motor ini nantinya akan dijual seharga 15 juta-an. Proyek motor listrik ini berkejasama dengan pihak Garasindo, dan Garasindo juga telah memegang hak jual untuk motor berbasis listrik dari Amerika yaitu Zero. Nah dalam pengembangan motor listrik ini Garasindo akan mengawinkan ITS dengan Zero agar Zero mau mentransfer ilmunya ke pihak ITS. Motor konsep ini sebelumnya telah dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 yang lalu.

Motor listrik buatan ITS yang bekerjasama dengan Garasindo ini sekarang masih dalam tahap kelaikan uji dari berbagai pihak. Body motor sudah terpasang lengkap, sekilas mirip dengan model motor-motor matic yang beredar dipasaran saat ini.

Sejumlah tahapan uji kelaikanpun masih harus dilakukan untuk menguji motor listrik tersebut benar-benar laik jalan dan aman untuk konsumen. Selanjutnya, tim akan menguji power controller motor dalam tiga tahapan mulai dari 25 persen, 50 persen, dan 100 persen. Targetnya motor listrik ini akan selesai pada akhir tahun 2016 ini.

M. Nur selaku Dosen ITS, mengatakan untuk pemasangan bodi pada motor listrik tersebut saat ini memang telah rampung. Selanjutnya, tim pada proyek motor listrik tersebut akan melakukan serangkaian uji coba untuk melihat kelaikan motor untuk digunakan di jalan umum.

Sementara motor matic listrik garapan ITS ini akan diberi nama Skuter Listrik ITS Garasindo. Komponen motor ini 90 persen buatan anak-anak ITS kecuali baterai yang masih import dari Panasonic, jadi komponennya bukan abal-abal import dari Cina.

Lalu bagaimana jika motor kehabisan daya listrik? jangan kawatir bro, pihak Garasindo menjamin jika motor sudah dijual umum maka baterai bisa dibeli dengan mudah seperti beli Aqua Galon atau Bbm pada motor bensin. Garasindo akan mendistribusikan Baterai motor ITS ini ke SPBU dan Supermarket modern macam Indomart, Alfa. Jadi jika tak sempat ngecas baterai maka tinggal beli digerai modern atau SPBU. (rdx13)

Sumber foto : detik.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s