Perbedaan Ban Radial dan Ban Bias Pada Ban IRC RMC 810

328174188

Aneka tipe ban yang wajib anda ketahui bro sebagai pengetahuan saat anda akan membeli ban motor kesayangan anda. Kenapa ban tipe Radial selalu lebih mahal dari pada ban tipe Bias. Ternyata pada basicnya ban tipe Radial dan Tipe Bias memiliki perbedaan yang mendasar pada ban Bias bagian anyaman rangka ban menggunakan anyaman Benang Bylon dengan kontruksi menyilang, sedangkan pada ban Radial menggunakan Serat Baja. Efek dari kontruksi ini terasa pada daya cengkram ban.

Kami mencoba menjabarkan perbedaan Ban Radial dan Ban Bias. Perbedaan mendasar dari Ban Bias dan Radial terletak pada susunan benang yang mengikat, berikut perbedaan detailnya sebagai berikut  :

Struktur Bias

Ban dengan struktur bias adalah yang paling banyak dipakai. Dibuat dari banyak lembar cord benang nilon yang digunakan sebagai rangka (frame) dari ban. Cord ditenun dengan cara zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban.

perbedaan_ban

Struktur Radial

Untuk ban radial, konstruksi carcass cord dengan serat baja, membentuk sudut 90 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari ban. Bagian dari ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan diperkuat oleh semacam sabuk pengikat yang dinamakan “Breaker” atau “Belt”. Ban jenis ini hanya menderita sedikit deformasi dalam bentuknya dari gaya sentrifugal, walaupun pada kecepatan tinggi. Ban radial ini juga mempunyai “Rolling Resistance” yang kecil.

Selain itu kalau ban tipe bias saat menyentuh permukaan jalan kontruksi ban akan menekan ke arah depan dan belakang, tapi jika ban tipe radial akan melebar ke kanan dan kiri, tapak ban yang menyentuh permukaan jalan lebih lebar sehingga ban lebih mencengkram. Selain itu panas ban pada ban tipe Bias tidak merata hanya terpusat pada puncak ban bagian tengah, namun pada ban tipe radial panasnya merata sehingga berpengaruh pada tingkat keawetan ban tersebut.

bagian Kontruksi Ban

Istilah Struktur Ban :

  1. Tread adalah bagian telapak ban yang berfungsi untuk melindungi ban dari benturan, tusukan obyek dari luar yang dapat berusak ban. Tread dibuat banyak pola yang disebut Pattern.
  2. Breaker dan Belt adalah bagian lapisan benang ( pada ban biasa terbuat dari tekstil, sedang ban radial terbuat dari kawat) yang diletakkan diantara tread dan Casing. Berfungsi untuk melindungi serta meredam benturan yang terjadi pada Tread agar tidak langsung diserap oleh Casing.
  3. Casing adalah lapisan benang pembentuk ban dan merupakan rangka dari ban yang menampung udara bertekanan tinggi agar dapat menyangga ban.
  4. Bead adalah bundelan kawat yang disatukan oleh karet yang keras dan berfungsi seperti angkur yang melekat pada Pelek.

Disarikan dari berbagai sumber. Foto : Kompas.com

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s