Jelang MotoGP Jerez : Michelin Akan Sediakan Ban Yang Lebih Baik

Michelin-Ban.jpg

Rodex1313.com–MotoGp seri ke 4 akan segera dimulai Sabut-Minggu (5-7 Mei 17) mendatang, kali ini rombongan Dorna akan melakukan lawatan ke Eropa, yakni ke Spanyol di Sirkuit Jerez. Dari sekian banyak masalah yang dihadapi pembalap saat mencari settingan motor untuk kecepatan maximal salah satu yang sering dikeluhkan adalah performa ban, yah selama ini memang masih banyak pembalap yang merasa belum pas dan masih menemukan kendala ketika menggunakan ban Michelin dibandingkan dengan ban terdahulunya, Bridgestone, sehingga catatan waktu rata-rata pembalap lebih lambat 1.2 detik ketika menggunakan ban Michelin.

Ya pada puncaknya saat balapan di GP Argentina, dan Amerika Produsen asal Perancis ini banyak dikritik oleh para riders soal performa ban depan yang terlalu lembut dan cepat hilang grip ketika jelang putaran akhir, apalagi kritikan dari Rossi yang begitu dahsyat efeknya.

Jika kita bandingkan dengan Bridgestone musim lalu waktu tercepat yang dicatat pembalap yakni 1 menit 40,090 detik, itu lebih lambat 1,2 detik. Artinya ban asal perancis ini masih menjadikan salah satu faktor lemotnya motor para riders.

Kritikan ini langsung dijawab oleh Boss Michelin Pierre Taramasso yang menjelaskan pihaknya akan melakukan beberapa kemajuan. Pasalnya, mereka tak ingin balapan seri perdana MotoGP di Eropa tak berjalan baik.

jelang-balapan-di-sirkuit-jerez-michelin-lakukan-perubahan-oQRCExkP7N.jpg

“Kami memiliki berbagai ban yang akan memberi kami jenis kemajuan yang ingin kami buat dan kami akan menyediakan beberapa pilihan baru,” kata Taramasso, mengutip dari Crash.net, Selasa (2/5/2017).

“Sirkuit ini merupakan lintasan yang memiliki pegangan rendah dengan banyak perubahan arah dan sudut sempit. Kita perlu menawarkan ban dengan karakter seimbang untuk memberikan penanganan yang baik bagi para pembalap” paparnya

“Jerez merupakan sirkuit yang menakjubkan, penuh dengan penggemar dan penuh warna. Ini akan menjadi pertarungan yang sangat mudah diingat karena dimulai di Eropa,” tutupnya.

Michelin-Ban-1

Rencananya pihan Michelin akan membawa tiga tipe ban soft, medium dan keras untuk yang depan dan belakang ban ini akan memiliki konstruksi asimetris. Bahkan yang medium dibikin lebih keras dari sebelumnya dibagian sisi kanan, karena balapan lebih banyak menikung kanan.

Pada hari Selasa 2 Mei kamarin sudah dilakukan test di Sirkuit Le Mans Peracis, test ini fokus hanya pada pengetesan ban tipe terbaru dari Michelin. Jika dilihat dari testimoni para riders yang melakukan test seperti Maverick Vinales, mengatakan jika hasil pengetesan positif dan siap bertarung di Jerez.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s