Dorna : Tahun 2019 Akan Ada Balap MotoGP Motor Listrik

motor-listrik-honda-1.jpg

Rodex1313.com–Baru-baru ini Bos Dorna Carmelo Ezpeleta telah membuat kejutan untuk MotoGP mendatang, dalam keterangan bersama media, ia telah mengkonfirmasi rencana untuk kelas pendukung MotoGP akan ada seri untuk motor listrik pada awal 2019. Nantinya seri ini hanya akan mengitari sirkuit selama 10 lap, dengan kecepatan motor listrik mencapai 200km/jam.

Sejatinya balapan motor listrik ini telah ada dan sudah dimulai sejak tahun 2010, yakni dibalapan Isle of Man TT . Selain itu dalam kejuaraan FIA Formula E roda empat juga sudah digelar balap dengan bahan bakar listrik.

Rencana ini sedang dikembangkan oleh Dorna agar seri MotoGp 2019 telah ada seri balapan motor listrik, selama ini sudah ada empat produsen yang akan memasok motor listrik untuk 18 motor.

Motor listrik ini diperkirakan top speednya hanya mencapai 200km/jam, hal ini memang lebih lambat dari Moto3, dan dalam setiap serinya hanya akan ada 10 laps. Bagi tim-tim ternama dan tim privateer, akan dijamin mendapatkan slot balapan jika mereka akan mengikutinya.

Dalam konfrensi press Ezpeleta menuturkan jika proyek motor listrik ini telah berkembang, kemungkinan besar pada 2019 kita akan memiliki beberapa balapan pendukung MotoGP di Eropa.

motor listrik mission RS -motogila.com_ 1.png“Kami sudah memiliki empat penawaran dari merek yang ada di atas meja. Ini akan menjadi balaan one-make race, dengan motor semuanya sama, dan balapan akan berlangsung  minimal 10 lap. ”

Ezpeleta sendiri menginginkan agar balapan motor listrik ini menggunakan tenaga Panel Surya saat mereka mengisi baterai, bukan seperti pada balap Formula E mengandalkan generator gliserin netral karbon untuk mengisi ulang mobilnya.

“Kami ingin baterai diisi ulang dari panel surya, bukan dari generator seperti di kejuaraan lainnya,” tambah Ezpeleta.

“Dengan cara ini, kita bisa meninggalkan sesuatu yang menguntungkan untuk sirkuit di mana seri balapan berlangsung.” pungkas Ezpeleta.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s