MotoGp Prancis : Michelin Sediakan 3 Tipe Ban Model Terbaru Hasil Test di Jerez

Michelin-Ban.jpg

Rodex1313.com–Seperti dirilis dari liputan6.com dan crash.net Jika Ban Michelin pada balapan MotoGp seri 5 di Le Mans Prancis Minggu ini akan disediakan tiga jenis tipe ban. Seperti pada semua balapan musim ini, senyawa lembut, sedang dan keras akan tersedia dengan penambahan asimetris depan dan belakang lebih keras pada bagian sisi kanan. Michelin juga menyiapkan ban basah (lunak dan sedang).

Dari data pengujian yang dilakukan belum lama ini cukup positif. Pasalnya, dengan perubahan aspal baru memungkinkan perusahaan asal Prancis menyiapkan ban yang disesuaikan pada tingkat yang jauh lebih baik.

Penggunaan bagian depan asimetris sebelumnya telah dijajal pada empat trek berbeda yakni Sachsenring, Aragon, Phillip Island dan Valencia. Tapi, ini adalah pertama kalinya bagian asimetris depan dan belakang diberlakukan di Sirkuit Le Mans.

“Ini adalah akhir pekan yang sangat penting bagi kami karena balapan berlangsung di Grand Prix Prancis yang selalu memiliki makna khusus,” jelas Piero Taramasso selaku manajer Michelin, seperti dikutip dari Crash, Selasa (16/5/2017).

“Penggemar motor di Prancis pasti bakal memeriahkan balapan ini. Jadi kami harus memastikan hiburan yang menarik buat mereka. Awal bulan ini kami menjalani pengujian aspal baru di Le Mans dan hasilnya cukup bagus. Kami juga mengumpulkan banyak data mengenai senyawa yang akan digunakan,” paparnya.

Taramasso menambahkan aspal baru akan memberikan performa yang luar biasa saat kondisi trek kering. Namun begitu, belum bisa dipastikan apakah balapan MotoGP Prancis akan berlangsung dalam kondisi cerah mengingat cuaca di Sirkuit Le Mans selalu berubah.

Michelin Akan Balik Menggunakan Ban Versi 2016 Mulai Balap di Mugello Italia

jelang-balapan-di-sirkuit-jerez-michelin-lakukan-perubahan-oQRCExkP7N.jpg

Pergantian tipe banpun mendapat sorotan oleh pihak Dorna, melalui Komisi keselematan MotoGP adakan pertemuan jelang GP Le Mans, kali ini membahas soal akan digunakannya ban depan versi lama di GP Mugello dan seterusnya. Keputusan diambil setelah membandingkan ban depan yang sekarang dengan versi 2016, dan akhirnya pilihan jatuh pada ban tahun lalu yang memiliki kode 70. Informasi yang kami lansir dari http://balapmotor.net/balap-dunia/ban-depan-lama-akan-hadir-kembali-di-motogp-mugello

Dengan ini semua pembalap dipastikan akan menggunakan ban versi 2016 saat balapan di Mugello dan di sisa musim ini. Komisi keselamatan MotoGP sudah memutuskannya, namun terkait hal ini belum ada pernyataan resmi yang dikeluarkan.

Dorna, selaku promotor MotoGP, memutuskan untuk mempublikasikan berita tersebut melalui situs resminya, dengan sebuah video dan bukan konferensi pers, dan tidak dipublikasikan secara bebas. Tidak ada konferensi pers terkait keputusan ini.

“Kami telah lakukan voting dari 23 pembalap yang berada di grid, hasilnya 20 pembalap memilih ban versi lama, dengan suara mayoritas ini akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan ban versi lama,” kata Loris Capirossi selaku Race Direction.

“Dorna inginkan semua pembalap untuk lakukan tes terhadap ban versi 2016 dengan kode 70 saat di Jerez, seperti apa yang telah dikatakan oleh mayoritas pembalap, ban versi ini lebih menawarkan stabilitias dan sedikit pergerakan ketika masuk di tikungan. Ini perbedaan kecil, saya pikir ini hanya sebuah evolusi,” kata Nicolas Goubert selaku bos Michelin.

Sumber : liputan6.com, balapmotor.net dan crash.net

Liputa6.com penulis : (David Permana)

Balapmotor.net penulis : (Deni Kurniawan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s