PERBEDAAN DUCATI DESMOSEDICI GP14 DAN GP 15 ….NAMPAKNYA DUCATI INGIN MENGULANG SUKSES KETIKA BERSAMA CASEY STONER

1614555Ducati-Desmo-GP-14-dan-15-1780x390Tahun ini bagi pabrikan motor asal Itali Ducati dalam berkiprah di ajang MotoGP nampaknya bukan main-main lagi, karena tahun 2015 ini Ducati sangat fokus dalam merombak motor mereka secara total, yang akan digunakan oleh duo pembalapnya, yakni Ianone dan Andrea Dovizioso, kedua riders ini begitu bergairah dalam menatap musim balap 2015 bersama dengan motor baru mereka yakni Ducati Desmosedici GP15 hasil rancangan Luigi Dall’Igna.

Sebelum menghasilkan rancangan baru ini, Luigi Dall’Igna telah mengotak-atik secara signifikan Desmosedici GP14 berkat masukan pembalap mereka Dovisiozo dimana pada musim balap 2014 telah terbukti meraih podium saat berlaga di Austin dan Assen. Sentuhan tangan panas Luigi Dall’Igna memang sangat kental akan aroma Aprillia maklum bro…arsitek ini alumni Aprillia.

Hasil rancangan Luigi Dall’Igna telah resmi diperkenalkan pada public pada hari Senin yang lalu (16/2-15) di Auditorium Ducati, di Borgo Panigale, Italia. Namun secara rinci dan resmi pihak Ducati belum membeberkan apa saja yang mereka rubah, mungkin saja ini terkait rahasia dapur mereka, namun dari segi foto yang beredar sudah nampak jelas perbedaannya, Ducati GP15 ini Nampak lebih ramping dari generasi sebelumnya yakni GP14. Letak knalpotnya yang model lama panjang menjulang keatas, yang model baru lebih pendek dan ngumpet dibalik fairing begitu juga fairing motor ini nampak lebih ramping.

Perombakan yang extrim ini diharapkan mampu mengobati penyakit under steer yang selama ini dikeluhkan oleh para pembalap mereka, seperti saat Rossi menjadi rider Ducati, penyakit lambat dan susah dikontrol saat ditikungan cepat, motor sering kali liar keluar racing line, sangat menyulitkan para pembalap mereka, namun hanya keajaiban saja ketika Casey Stoner menjadi kampium juara umum MotoGp Era Musim 2007 hanya Stoner yang mampu menaklukan penyakit Ducati kala itu motor Ducati yang ditunggangi Stoner begitu kencang saat di trek lurus hal ini mampu memangkas waktu saat lambat ditikungan.

Lalu apa saja yang sudah dirubah oleh Ducati jika diamati dari penampakan foto-fotonya. Perubahan yang dilakukan tentunya berkaitan dengan performa motor yang diklaim lebih dahsyat dan mampu menikung dengan cepat. Selain penampilan grafis livery yang tetap menonjolkan warna merah, sebagai lambang kebesaran Ducati, Motor GP15 ini tampak dari depan mocongnya lebih terangkat keatas dibandingkan dengan motor GP14. Lalu sirip-sirip pada fairing untuk pendingan mesin juga ada berubahan. Lubang udara sudah model baru, lebih ramping namun saat dilihat dari belakang lubang itu masih terlihat besar.

Pada bagian buritan belakang dan bagian knalpot juga berubah dan berbeda banget dengan motor lama. Jika model tahun lalu, saluran gas buang samping menjulur panjang, tahun ini pendek saja dan diumpetin dibalik fairing. Bagian saluran gas buang belakang juga beda. Tahun lalu dua pipa menjulur dari sisi kanan dan kiri, lalu menjadi satu di bawah buntut. Sementara GP15, dua pipa muncul dari sisi kanan sebelum menyatu di bawah buntut.

Bagian chassis dan Arm juga berubah baik dari model maupun bahan hampir mirip dengan Aprillia, disinilah katanya kunci under steer itu terobati. Saat sesi test pertama di Sepang Malaysia beberapa waktu yang lalu memang terlihat hasilnya jika motor ini mampu apik ditikungan cepat dan tikungan pendek-pendek. Namun masih kita liat saja hasil test sesi kedua di Sepang nanti yang akan segera berlangsung beberapa hari lagi yakni pada tanggal 23 – 26 Februari 2015. Jika hasilnya bagus dan mampu mencatatkan waktu tercepat maka siap-siaplah Hodan dan Yamaha akan ada ancaman baru  dari Ducati…hemmm patut diperhitungkan bro….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s