Finish di Posisi ke 10 Rossi Tetap Pimpin Klasement MotoGP 2017

0c89784b-c99c-4226-9e36-41c508cfd110_169.jpg

Rodex1313.com–Sudah menjadi cerita lama jika Rossi selalu terseok-seok saat sesi latihan bebas baik FP1, FP 2 bahkan FP3 dan FP4, namun biasanya pada saat final race Mbah Rossi selalu berhasil naik podium, baik juara 2 ataupun 3, hingga akhirnya diapun mendapat julukan Sunday Rider yakni pembalap specialist dihari Minggu.

Namun kali ini benar-benar berbeda, dan fans Rossi pun dibuat kecewa. Karena the doctor saat berlaga di Jerez hari Minggu 7 Mei 2017 hanya mampu finish diposisi 10 dan mendulang point 6, namun tetap mampu memimpin klasemen dengan total 62 point dan hanya selisih 2 point dari Vinales.

Performa Rossi memang rada aneh jika kita saksikan saat balapan berlangsung, memulai balap dari posisi 7 dan sempat masuk kebarisan depan diposisi 5 dan sempat saling take over dengan J. Zarco, namun performa terbaik Rossi hanya mampu bertahan selama kurang lebih 6 laps.  Memasuki putaran ke-10 kecepatan Rossi mulai melambat hingga akhirnya mampu dilewati oleh riders lainya dan memaksa finish diposisi ke 10.

IMG_20170505_141445_133.jpg

Terkait kesulitannya di Gp Jerez Spanyol ini Rossi buka suara soal apa yang dialami selama balapan. Permasalahn utama adalah soal vibrasi ban depan dan belakang, yang banyak menimbulkan getaran dan ban yang kurang grip ke aspal. Sirkuit Jerez ini

“Ini akhir pekan yang sangat sulit dan balapan yang sangat sulit bagi kami. Kami mengira bisa lebih kuat, lebih kompetitif, terutama melihat hasil pada tahun-tahun sebelumnya di Jerez,” papar Rossi, seperti dilansir Motorsport.com

“Kami mencoba untuk memodifikasi keseimbangan, karena khwatir dengan usia ban belakang yang menggunakan kompon medium, kami tidak mungkin memakai kompon hard, karena kami mencoba untuk mengurangi kemungkinan melintir. Tapi itu pun lebih buruk karena saya kehilangan feeling di bagian depan, balap juga menjadi sulit untuk mengerem dan masuk tikungan,” ucap Rossi yang pernah sembilan kali menjadi raja di Sirkuit Jerez.

“Kami bermasalah dengan kecepatan akselerasi. Itu adalah masalah utama sepanjang akhir pekan. Pada enam atau tujuh lap terakhir, terutama di sisi kiri, saya mulai mengalami vibrasi tinggi dan saya harus melambat hingga tiga detik per lap.” lanjut Rossi.

“Saya tidak bisa bicara soal degradasi ban, karena saya tidak pernah mendapat cengkraman, tapi saya mengalami banyak gejala melintir, hal ini sama seperti saat kualifikasi menggunankan ban soft. Nampaknya saya tidak pernah punya feeling baik dengan motor sepanjang akhir pekan lalu,” tutup Rossi.

Sirkuit Jerez ini terakhir diaspal pada 13 tahun yang lampau, dan sampai saat ini belum pernah terjadi pengaspalan ulang, cerinya mirip di sentul kayaknya hanya tambal sulam. Sempat terjadi insiden Mobil BMW Safety Car mengalami Crash di Tikungan ke 5 yang menyebabkan Safety Officer Franco Ucini sempat dibawa ke Pusat Medis, sebelum balap motogp dimulai.

Bayangkan saja mobil yang roda 4 saja bisa melintir ditikungan Jerez ini apalagi motor yang hanya roda dua bro. Bagaimana dengan balap Formula 1? Bagi Formula satu  mereka tidak mau membalap di sirkuit ini, ya karena kondisi lintasan yang buruk. Padahal mobil-mobil Formula 1 ini super canggih, sudah dilengkapi dengan peranti wing downforce  baik depan dan belakang namun mereka tetap tak mau membalap di Jerez.

Klasemen Sementara Pembalap MotoGP 2017
1    Valentino ROSSI              Yamaha     ITA     62
2    Maverick VIÑALES         Yamaha     SPA    60
3    Marc MARQUEZ              Honda       SPA    58
4    Dani PEDROSA                Honda       SPA    52
5    Andrea DOVIZIOSO       Ducati        ITA     41
6    Johann ZARCO                Yamaha     FRA    35
7    Cal CRUTCHLOW           Honda        GBR    29
8    Jonas FOLGER                 Yamaha    GER    29
9    Jorge LORENZO              Ducati       SPA     28
10    Danilo PETRUCCI         Ducati        ITA     26

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s