Jamari Si Pelukis Bak Truk Pantura

25012435_1692906940748905_2649821974968139776_n

Pernahkan anda melihat sebuah truk dan dibelakang bak terdapat tulisan atau gambar-gambar unik dan seksi? Tentunya jika kita sering melalui jalur Pantura banyak sekali truk-truk hilir mudik dengan aneka gambar dan kata-kata menggelitik yang bisa menghilangkan penat kala berkendara dijalur pantura.

Dibalik itu semua ada seorang seniman lukis asal Semarang yang membuka praktek dikawasan Cikarang jalur Pantura. Dia adalah Jamari, sosok yang telah menggeluti seni lukis airbrush sejak 2006.

Hobi dan bakatnya telah nampak sejak ia masih kecil, yang suka corat-corat dinging rumah dengan areng bekas kayu bakar sisa masak sang Ibunya. Menginjak dewasa tiap kali melihat media kosong, entah kertas atau tembok selalu ia corat coret dan menghasilkan sebuah gambar.

Jika kita berkunjung ketempat tinggal Jamari di kawasan Cikarang, maka seluruh rumah dan dingdingnya penuh dengan aneka lukisan. Tembok-tembok gang dan pos ronda menuju rumahnya atau diarea RT tempat tinggal Jamari depenuhi lukisan yang menghibur mata.

Saat ini berkat hobinya Jamari membuka praktek seni lukis bak truk di kawasan Cikarang arah Pantura, selain bak truk Jamari juga menerima melukis karpet penahan air bagian roda belakang atau bemper. Untuk motor dan mobil ataupun mural didinding juga ia kerjakan.

Dalam pengerjaannya Jamari dibantu satu asisten, kala kondisi sedang ramai. Rata-rata perhari Jamari mampu mengerjakan 7 truk dengan ongkos lukis antara 1-2.5 juta. Sedangkan kalau harga karpet bember mulai dari 100rb hingga 500ribu.

Gambar dan kata-kata sesuai pesanan dari sang empunya truk, namun paling banyak adalah gambar cewek seksi dan kata-kata lucu dan menggelitik hati.

Ciri khas karya lukis Jamari adalah selalu disematkan kata-kata “Utamakan Selamat”.

Seniman seperti Jamari ini banyak di Indonesia dan setiap daerah memiliki seniman lukis bak truk dengan ciri khas masing-masing. Namun usaha seperti ini saat ini semakin surut dan sepi order, karena tegerus dengan era digital, era stiker printing yang harganya lebih murah dan hasilnya gambar lebih hidup dan rapi, finishing pengerjaan lebih cepat.

Sumber Foto : detik.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s